= Perlancar Mobilitas Sektor Pertanian, Pemdes Maja Utara Bangun Jalan Usaha Tani - Nuansa Metro

Perlancar Mobilitas Sektor Pertanian, Pemdes Maja Utara Bangun Jalan Usaha Tani


Foto : Pembangunan jalan usaha tani di Blok Haurduni ini dengan panjang 188 meter itu menggunakan Dana Desa.

www.nuansametro.co.id - Majalengka
Untuk memperlancar mobilitas sektor pertanian melalui Dana Desa Tahun Anggaran 2022, Pemerintah Desa Maja Utara, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, kini dibangun infrastruktur jalan usaha tani.

Pembangunan jalan usaha tani di Blok Haurduni ini dengan panjang 188 meter itu menggunakan DD dengan jumlah anggaran pelaksanaan sebesar Rp. 51.698.500,-.

Kepala Desa Maja Utara, Didi Juhari menuturkan, pekerjaan ini akan dikerjakan secara swakelola dengan pola pemberdayaan masyarakat yang ada di desa.

"Pembangunan Jalan Usaha Tani ini bertujuan untuk memudahkan para petani dalam mengangkut hasil panennya, yang biasanya dilakukan secara tradisional (diangkut dengan tenaga manusia-red) kini kendaraan roda 4 bisa mengangkut hasil panen dengan melalui jalan usaha tani", jelas Didi Juhari. 

Lebih lanjut Didi Juhari berharap dengan dibangunnya JUT akan mengurangi biaya angkut hasil panen sehingga petani dapat mendapatkan keuntungan yang lebih meningkat. 

"Pembangunan jalan usaha tani itu sangat dibutuhkan warga guna memperlancar aktifitas masyarakat dalam bertani. Masyarakat sangat membutuhkan infrastruktur jalan untuk pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan", pungkasnya. (Soni WS)