= Perihal Dana Desa, Tiga Desa di Kecamatan Pedes di Periksa Inspektorat Kabupaten Karawang - Nuansa Metro

Perihal Dana Desa, Tiga Desa di Kecamatan Pedes di Periksa Inspektorat Kabupaten Karawang


Foto : Inspektorat dan Kades Kertamulya saat melaksanakan pemeriksaan.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Dalam rangka pembinaan kepada pemerintahan Desa, Inspektorat Kabupaten Karawang lakukan cek fisik dan administrasi tentang Dana Desa tahun 2021 ke tiga Desa di Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. Senin (28/3).

Menurut Drs. Asito Edi Sutrisno sebagai pengendali teknis dari Inspektorat Kabupaten Karawang, saat di temui jurnalis nuansametro.co.id mengatakan, bahwa hari ini ada tiga Desa yang di periksa di Kecamatan Pedes yaitu Desa Kertaraharja, Karangjaya dan Kertamulya.

"Intinya hari ini kita melakukan evaluasi dan pembinaan kepada pemerintah Desa, apa saja yang sudah di kerjakan pemdes tahun 2021, kita cek kelapangan mengenai fisiknya. Sedangkan untuk pemeriksaan administrasi kita periksa di kantor,"  ungkap Asito Edi.

Dirinya berharap, mudah-mudahan temuannya tidak signifikan, kalaupun ada temuan, itu ada tindak lanjut setelah hasil temuan terbit.

"Jadi, untuk sekarang kita belum bisa menyimpulkan, ini baru pengumpulan data dulu"  Ujarnya.

" Kalau tidak ada temuan, kita tidak menjamin cuman di lihat kadarnya apakah cukup dengan saran atau memang harus di angkat sebagai temuan"  Tandasnya.

Masih kata Asito, pemeriksaan ini selain oleh Inspektorat ada beberapa Desa yang di lakukan oleh BPKP dan BPK, se-Kabupaten Karawang ada 50 Desa yang di periksa BPK.

"Seperti di Kecamatan Pedes ini dari dua belas Desa ada dua Desa yaitu Dongkal dan Malangsari, yang di periksa BPK. Yang tujuh Desa di periksa oleh Inspektorat"  Imbuhnya.

Dikatannya, yang terpenting semua anggaran yang masuk ke Desa, harus di pertanggung jawabkan dan di manfaatkan dengan benar oleh pemerintah Desa. 

"Sehingga apapun bentuk bantuan, bisa di rasakan oleh masyarakat dan sesuai harapan pemerintah"  tutup Asito Edi.

Laporan :  Azis