= Perahu Serbu Hasil Inovasi Prajurit Yon Zipur 3/YW Untuk Negeri - Nuansa Metro

Perahu Serbu Hasil Inovasi Prajurit Yon Zipur 3/YW Untuk Negeri


www.nuansametro.co.id, Bandung
Prajurit Yon Zipur 3/YW membuat inovasi untuk keperluan TNI dan optimalisasi dalam menjalankan tugas, yang diinisiasi oleh Danyon Zipur 3/YW Letkol Czi Dhanisworo membuat Perahu Serbu untuk operasi patroli keamanan TNI di wilayah perairan dan dapat digunakan dengan kepentingan lainnya.

Melihat inisiatif Prajurit Yon Zipur 3/YW, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., memberikan apresiasi. Pasalnya, prajuritnya mampu menjabarkan dalam setiap arahan dan harapan Pangdam, karena sejalan dengan penyiapan wilayah pertahanan wilayah teritorial Kodam III/Slw. Hal itu disampaikan melalui Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, di Kantor Pendam III/Slw, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Rabu (2/3/2022).

“Perahu Serbu ini, selain untuk kepentingan operasi patroli keamanan juga dapat digunakan pendampingan dalam budidaya perikanan air tawar atau air asin, untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Dijelaskannya Perahu Serbu terbuat dari bahan material Miracle Gloss, PVA Obat Air, Calatlic, Cobal, Picman (Pewarna Dasar), Erosi, Kain Met Uk 300, Roping no 400, Sorik, Rol Eternal, Rol Besi, Dempul Talk, serta terin (pengencer resin).

“Perahu Serbu ini, beban 72,5 kg, panjang 4,15 m, lebar 1,25 m, beban 200 kg, mesin minimum 5 PK dan bisa maksimum 20 PK, dengan kapasitas 6 orang serta bodi bagian depan berbentuk segitiga guna membelah ombak,”urainya.

Selain itu, diharapkan dengan hasil karya Prajurit Yon Zipur 3/YW ini dapat memberikan konstribusi positif dalam penyiapan Sishankamrata, dan dapat digunakan untuk membantu korban banjir, serta menjadikan role model bagi Satuan lainnya, pungkas Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto. (Rls/Purwadhi).