= Pemerintah Desa Maja Utara Fokus Tangani Air Bersih Kebutuhan Warganya - Nuansa Metro

Pemerintah Desa Maja Utara Fokus Tangani Air Bersih Kebutuhan Warganya


Foto : Proyek pembangunan sarana dan prasarana air bersih (pipanisasi) untuk saluran ke rumah warga yang didanai dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021 di desa Maha Utara.

www.nuansametro.co.id - Majalengka
Pemerintah Desa Maja Utara, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka lakukan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana air bersih (pipanisasi) untuk saluran ke rumah warga yang didanai dari Dana Desa Tahun Anggaran 2021. Pipanisasi dilaksanakan untuk merapihkan saluran di Blok Jum’at, sebanyak 130 rumah dengan anggaran Rp. 75.533.500,-.
Sebelumnya pipanisasi pernah dilaksanakan pada dusun yang lain, hanya saja pengerjaannya tidak sampai tuntas, dikarenakan adanya kendala dalam hal lokasi dan beban anggaran. 

Dengan turunnya Dana Desa maka beban anggaran untuk pipanisasi secara penuh dibebankan kepada anggaran Desa, sehingga masyarakat tidak perlu membayar biaya untuk program pipanisasi tersebut. 

Menurut Kepala Desa Maja Utara, Didi Juhari pelaksanaan pipanisasi ini dilakukan untuk meminimalisir air bersih yang biasanya terbuang percuma dapat diatur melalui keran dan meterisasi yang ada.

"Tujuan Pipanisasi saluran air bersih ini dimaksudkan untuk penyediaan pelayanan dasar masyarakat tentang air bersih, peningkatan kualitas kesehatan, meningkatkan budaya bersih di lingkungan masyarakat, serta mengembangkan sanitasi lingkungan", jelas Didi Juhari. 

Lebih lanjut Didi Juhari, dirinya berencana ke depan akan dilaksanakan pula penambahan debit air dari Desa Sukadana dengan menarik pipa sepanjang 9 KM dengan volume pipa 3 Inchi untuk menutupi kekurangan kebutuhan air bersih. Dengan demikian ke depan diharapkan tidak terjadi permasalahan kekurangan air bersih.

"Ke depan untuk mengantisipasi permasalahan kekurangan air bersih, maka ke depan akan dilaksanakan kerjasama antar desa terkait pemenuhan kebutuhan air bersih", pungkasnya. (Soni WS)