= Pekerjaan Sangat Optimal, Pembangunan SPAL Mendapat Apresiasi Dari Warga Desa Cipaku - Nuansa Metro

Pekerjaan Sangat Optimal, Pembangunan SPAL Mendapat Apresiasi Dari Warga Desa Cipaku


Foto : Pelaksanaan kegiatan pembangunan SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) yang terletak di Blok Cideres Rt.001/Rw.001 Desa Cipaku, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka.

www.nuansametro.co.id - Majalengka
Bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2022, pemerintah Desa Cipaku melaksanakan kegiatan pembangunan SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) yang terletak di Blok Cideres Rt.001/Rw.001 Desa Cipaku, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka. 

Anggaran sebesar Rp. 164.213.000,-  pun digelontorkan guna merealisasikan pembangunan SPAL yang memiliki panjang sekitar 441 meter. 

Pembangunan SPAL tersebut sangat dibutuhkan oleh warga setempat, karena merupakan sarana pembuangan air limbah yang berasal dari rumah tangga dan juga berfungsi sebagai selokan bila turun hujan. 

Kondisi sebelum dilakukan pembangunan SPAL, air limbah ataupun air hujan mengalir tak beraturan ke jalan lingkungan, sehingga membuat lingkungan sekitar menjadi becek, kumuh dan menimbulkan banyak genangan.

Menurut Suharya, Kepala Desa Cipaku menjelaskan, bahwa membangun infrastruktur seperti saluran air SPAL sangat penting untuk mengantisipasi saat musim hujan, mencegah banjir agar jalannya air dapat berjalan normal hingga tak ada penyumbatan dan tidak terjadi genangan air.

“Alhamdulilah mudah-mudahan setelah pembangunan SPAL maka saluran air ini saat musim hujan, tak ada lagi genangan air dan lingkungan menjadi lebih bersih", jelas Suharya.

Sementara itu menurut Tocin, Ketua BPD Desa Cipaku menambahkan, bahwa berkat bantuan dan masukan serta informasi aspirasi dari warga Blok Cideres semua pekerjaan jadi lancar dibeberapa titik tanpa hambatan.

"Apapun masukan dan aspirasi warga tentang kondisi lingkungan yang harus diperbaiki, akan selalu kita akomodir baik dalam penganggaran maupun pelaksanaannya", tambah Tocin. 

Di tempat yang sama dipertegas Awo,  salah seorang anggota BPD Cipaku menyatakan, bahwa anggaran dana desa tahun anggara 2022 untuk pembangunan SPAL sudah dikerjakan sesuai dengan aturan tidak ada kendala apapun.

“Saya lihat masyarakat Desa Cipaku khususnya warga Blok Cideres ini, sangat mengapresiasi atas kinerja pemerintah desa, tentunya kami sebagai anggota BPD ikut senang atas hasil yang dikerjakan selama ini,” pungkasnya.  (Soni WS)