= Pabrik Pembuatan Bakso Diduga Belum Mengantongi Ijin, Kadis LH Deli Serdang Terkesan Menghindar Dari Wartawan - Nuansa Metro

Pabrik Pembuatan Bakso Diduga Belum Mengantongi Ijin, Kadis LH Deli Serdang Terkesan Menghindar Dari Wartawan


www.nuansametro.co.id - Deli Serdang
Pabrik bakso yang berlokasi di desa Sei Rotan kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, diduga belum mengantongi perijinan dari pihak terkait, bahkan pabrik tersebut tidak memasang plang, bentuk adanya aktivitas di dalam pabrik tersebut.

Saat awak media mendatangi pabrik tersebut, dan berusaha untuk konfirmasi kepada pemilik pabrik yang biasa dipanggil Cici, mengatakan, bahwa usaha pabrik baksonya berasal dari daging ikan, bahkan sudah memiliki mesin penggilingan ukuran besar. 

"Semua dokumen, baik izin dan hasil lab limbah dan lain-lain sudah kami serahkan ke dinas lingkungan hidup Lubuk Pakam. Bahkan, dari dinas Lingkungan Hidup sudah sering datang ke pabrik ini"  ujarnya, Kamis (25/3/2022)

Namun, tiba-tiba anak pemilik pabrik bakso langsung menelpon kepala dinas lingkungan, menyampaikan bahwa dirinya telah kedatangan wartawan.

"Ini ibu, datang orang media masuk ke pabrik,"  kata anak pemilik pabrik bernama Koko yang menelpon diduga ke kepala salah satu oknum kepala dinas.

Lalu, Koko menyampaikan kepada awak media yang datang, dengan mengatakan bahwa ibu kepala dinas lingkungan hidup alergi sama media.

"Ibu kepala dinas lingkungan hidup, katanya alergi sama media"  kata Koko yang diutarakan kepada awak media yang kebetulan ada di hadapannya. 

Ketika pemilik toko diminta memperlihatkan surat ijinnya, dia tidak dapat menunjukkannya. 

Dengan adanya kejadian tersebut, diduga pabrik bakso tersebut belum mengantongi ijin.

Setelah mengetahui dugaan kedekatan antara pemilik pabrik bakso dan salah satu oknum Kepala Dinas di Lingkungan Pemda Kabupaten Deli Serdang tersebut, disinyalir pabrik tersebut mendapatkan back up dari oknum Kepala Dinas tersebut.

Diketahui, pabrik tersebut diduga mempekerjakan karyawan sebanyak lebih kurang 15 orang, bahkan kuat dugaan karyawannya tidak diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Saat hal tersebut akan dikonfirmasikan kepada kepala dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, seperti yang diungkapkan oleh pemilik bakso tersebut di kantornya, ternyata tidak bisa ditemui, bahkan terkesan menghindar dari wartawan.

Laporan ; Romson Nainggolan