= Ketua Umum BMMK Pendi Anwar, Resmikan Padepokan Suliwa Karang Jati - Nuansa Metro

Ketua Umum BMMK Pendi Anwar, Resmikan Padepokan Suliwa Karang Jati


Foto : Ketua Padepokan Suliwa Karang Jati, Ali Akbar, S.Pd.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Salah satu bentuk melestarikan budaya leluhur juga mendidik dan mengenalkan kepada generasi muda tentang pencak silat. Padepokan "Suliwa" yang beralamat di Dusun Karang jati RT 04/05 Desa Karang jaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang di resmikan oleh ketua umum Badan Musyawarah Masyarakat Karawang (BMMK), Pendi Anwar, SE, yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Kamis (24/03).

Dalam acara peresmian padepokan Suliwa juga di hadiri oleh Camat Pedes beserta staf, Anggota DPRD PDI Perjuangan, Taufik Ismail, tokoh masyarakat, pengurus padepokan juga para siswa padepokan.

Ketua Padepokan Suliwa Karang Jati, Ali Akbar, S.Pd saat di wawancara jurnalis nuansametro.co.id, mengatakan, bahwa padepokan Suliwa ini didirikan dan mulai latihan tanggal 21 Januari 2022, dengan jumlah siswa sekitar 100 orang, dari usia tujuh tahun hingga usia dewasa.

"Alhamdulillah, hari ini diresmikan langsung oleh ketua umum BMMK. Bapak Pendi Anwar,"  Ucapnya.

Dikatakan Ali, didirikan padepokan Suliwa ini, berawal ketika melihat  kondisi anak-anak sekolah selama pandemi yang melaksanakan  pembelajaran jarak jauh itu, selalu bermain gadget.

"Dari situ kami berinisiatif, anak-anak diadakan latihan silat, yang tujuannya pertama melestarikan budaya, dan kedua menghilangkan kebiasaan anak bermain gadget setiap harinya. Alhamdulillah selama berjalan tiga bulan, ada perubahan yang signifikan yang tadinya anak bermain Game online, sekarang di handphone nya di isi lagu - lagu pencak silat,"  Ujar Ali

Menurutnya, Padepokan Suliwa masih menerima pendaftaran, serta yang berminat mengikuti latihan, tidak di pungut biaya alias gratis.

Sementara Ketua Umum BMMK dan juga merupakan Ketua DPRD Karawang, Pendi Anwar, SE kepada nuansametro.co.id mengatakan, sudah beberapa kali melakukan silaturahmi dengan pengurus Padepokan Suliwa.

"Alhamdulillah, padepokan Suliwa ini sudah membuka cabang di beberapa kecamatan, mudah-mudahan ke depannya, padepokan Suliwa ini semakin banyak lagi membuka perguruan-perguruan. Karena ini salah satu padepokan selain yang bisa mendidik anak-anak dalam beladiri, juga bisa melestarikan budaya leluhur kita yang tentunya harus kita jaga,"  Ungkap Pendi.

Menurut Pendi sebagai Ketua Umum BMMK dalam melakukan support, selalu memberikan legalitas sebagai bentuk pengakuan dari pada Dinas Pariwisata dan Budaya, tentunya ketika padepokan ini sudah di legalisasi oleh pemerintah daerah, kedepannya pemerintah daerah bisa memperhatikan bagaimana kehadiran dari pemerintah ketika ada masyarakat yang mempunyai dan bisa melestarikan kebudayaan ini dalam bentuk support, entah itu dalam bentuk pasilitas sarana dan prasarana dan yang lainnya.

" Tentunya akan kami sampaikan ke pemerintah daerah melalui forum BMMK, bahwa di Karawang ini sudah hadir padepokan Suliwa, yang sudah membuka cabang nya di beberapa kecamatan." Tandasnya.

Hal senada juga di ungkapkan anggota DPRD PDI Perjuangan, Taufik Ismail, bahwa perlunya menjaga dan melestarikan budaya yang kita miliki.

"Mudah-mudahan Suliwa ini semakin banyak di minati oleh para generasi muda," Ujar Taufik Ismail yang biasa disapa Kang Pipik.

Kang Pipik juga berpesan dengan adanya padepokan ini agar bisa menjaga persatuan dan kesatuan. Jaga persaudaraan jangan sampai ada permusuhan dengan perguruan lain.

 "Dan jangan ada berpikiran merasa perguruannya lebih hebat, untuk itu mari kita jaga persatuan dan kesatuan dan kita dukung para generasi muda dalam hal yang positif"  ucap Kang Pipik. 

Laporan : Azis