= Ketua IWO Karawang Mendesak Polres Karawang Proses Kasus Oknum Kades Gebang Jaya - Nuansa Metro

Ketua IWO Karawang Mendesak Polres Karawang Proses Kasus Oknum Kades Gebang Jaya


Foto : Ketua IWO Karawang, Ega.

www.nuansametro.co.id-Karawang
Viral !! pesan suara atau voicenote yang diduga suara Kepala Desa Gebangjaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, yang di dalam pesan suara atau voicenote tersebut bernada melecehkan profesi wartawan yang beredar di WAG para wartawan.  

Ironisnya, oknum kades tersebut seolah kabur dari persoalan, bahkan saat digelar jumpa pers pada Jum'at (25/02/2022) lalu, untuk mengklarifikasi persoalan tersebut, yang bersangkutan tak menghadiri dan malah mewakilkan kepada orang tuanya.  

Hingga akhirnya Ketua IWO Kabupaten Karawang, berencana akan membawa persoalan ini ke tingkat yang lebih tinggi. Pasalnya, ruang klarifikasi yang sudah diberikan kepada oknum yang bersangkutan tidak digunakan dengan  sebaik mungkin.

Dengan sikap seperti itu, tampak ada kesan kalau oknum Kades tersebut, ingin lari dari permasalahan dan tidak ingin bertanggungjawab.

"Intinya kami mengecam, dan kami juga melihat ada gelagat tidak baik yang dilakukan oleh oknum kades tersebut. Jika memang dia seorang pemimpin, dan merupakan seorang perwakilan dari pemerintahan di tingkat desa, seharusnya bisa bersikap legowo dan berani bertangungjawab atas apa yang sudah dilakukannya"  ucap Ega.

Ega berharap, oknum kades Gebang Jaya itu tidak usah menghindar, padahal wartawan sudah memberikan ruang buat klarifikasi terhadap oknum kades Gebang Jaya itu.

Dengan sikap demikian, lanjut Ega, jelas memperlihatkan kalau Kepala Desa Gebangjaya itu tak bisa menjadi pemimpin. Dia tak layak menjadi perwakilan pemerintah di tingkat desa. 

"Jangankan untuk mengurusi permasalahan lain, yang lebih kompleks, urusan yang beginian saja, yang jelas-jelas dilakukannya sendiri, dia tak bisa bertanggungjawab, malah lari,"  lanjutnya.

Ega meminta kepada Pemerintah Kabupaten Karawang, untuk dapat bertindak atas kelakuan oknum kades tersebut.

 "Ya, karena oknum seperti ini memang tak layak memimpin menjadi kepala desa. Bagaimana bisa memajukan desa dan memberikan kebaikan buat masyarakatnya, kalau persoalan begini saja tidak dapat mengatasinya"  tandas Ega. 

Terkait soal pelaporan yang dilakukan sejumlah wartawan kepada Polres Karawang,  Ega mengaku sangat mendukung. Dia pun meminta, Polres Karawang untuk segera memprosesnya. 

Sekedar mengulas, rekaman suara oknum Kades Gebang Jaya bernada melecehkan profesi wartawan beredar di kalangan pekerja Pers, beberapa hari lalu. Dalam rekaman itu, si pemilik suara sedang mengirimkan pesan suara kepada seseorang, dan memintanya untuk tidak menanggapi siapapun wartawan yang datang ke kantor desa. 

"Nya mantak nage bun, lamun kieu sarerea urang babarengan unggal kabeh kepala desa sakecamatan Cibuaya hayu urang kompak babarengan, lamun aya media cukup weh di suguhan, ulah Sagala dibere uang bensin, supaya aral ke manehna digawe jadi wartawan teh bun, hampura iyeu cuman masukan, nya".

Di artikan dalam bahasa indonesia "Makanya Bu, kalau semua kepala desa sekecamatan Cibuaya, kompak bila ada wartawan hanya di jamu saja, jangan dikasih uang bensin, agar mereka kerja jadi wartawan bosen, maaf bun, ini cuma masukan," demikian isi pesan suara dari Voicenote tersebut.  (Abdul Rojak/Asep S)