= Kapolres Pematangsiantar Dampingi Kapoldasu Konferensi Pers, Kasus Dugaan Pengrusakan Pintu SPKT - Nuansa Metro

Kapolres Pematangsiantar Dampingi Kapoldasu Konferensi Pers, Kasus Dugaan Pengrusakan Pintu SPKT


Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si.

www.nuansametro.co.id - Pematangsiantar
Kapolres Pematangsiantar AKBP. Boy Sutan Binanga Siregar, S.IK mendampingi Kapoldasu Sumut Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si saat konferensi Pers kasus pengerusakan pintu kaca SPKT Mako Polres, yang terjadi pada Senin (21/03/2022), pukul 07.25 Wib.

Kapolda Sumut dalam Konferensi Pers nya menyampaikan tujuan kedatangannya ke Polres Pematangsiantar, terkait kasus kejadian pengerusakan yang terjadi di Polres Pematangsiantar.

"Untuk Itu saya memastikan dan melihat langsung apa yang telah terjadi, dimana seorang wanita dengan menggunakan sepeda motor Honda Scoopy BK. 5756 TAK dengan kecepatan tinggi memasuki polres Pematangsiantar dan menabrak ruang SPKT Polres Pematangsiantar dan langkah-langkah apa yang sudah dilakukan oleh penyidik serta mendalami kejadian peristiwa tersebut,” ungkap Kapoldasu.

Dikatakan Kapoldasu, kejadian tersebut terjadi pukul 07.25 wib Senin pagi, dimulai dari sepanjang Jalan Sutomo ketika Personil sedang melaksanakan tugas pengaturan lalulintas di pagi hari, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan melancarkan aktivitas masyarakat.

Tiba-tiba, seorang wanita datang dengan menggunakan sepeda motor Honda Scoopy BK. 5756 TAK An Fitri Arni Matondang, warga Jalan Hok Salamuddin Siantar Estate, Siantar Simalungun Sumut dan mau menabrak anggota yang sedang melakukan pengaturan lalulintas, namun Personil yang di lapangan dapat menghindar sehingga tidak terjadi tabrakan.

Ketika pelaku dikejar, langsung melaju menuju polres Pematangsiantar dan menabrak ruang SPKT.

Dari hasil pendalaman yang melakukan pemeriksaan penyidik, menemukan berapa fakta termasuk mendalami penjelasan dari orang tua pelaku, yang berada saat ini dengan mendengarkan sendiri apa penjelasanya.

Dari penjelasannya, pelaku menikah sudah 2 kali namun sudah cerai kemudian suami kedua kembali mengajak rujuk Pelaku dengan syarat harus menikah kembali, namun keluarga tida setuju dimana suami ke dua memiliki pemahaman sedikit berbeda dengan orang tuanya dari aspek pemahaman agamanya.

Pada Kesempatan itu, Kapolda Sumut menyampaikan penyidik dari polres Siantar bersama dengan melakukan penggeledahan dirumah orang tua termasuk di dikamar pelaku, ditemukan barang bukti buku Al-Quran dan dzikir, dan kegiatan sehari menurut orang tuanya hanya mendengarkan penjelasan dari media sosial youtube tentang ceramah-ceramah. Kemudian melakukan ibadah sholat dan tidak ada ditemukan yang berkaitan dengan masalah teroris dan kondisi pelaku saat ini dalam keadaan sehat.

“Yang jelas Polres Pematangsiantar akan melakukan pemeriksaan, bahwa tindakan yang dilakukannya itu Pidana biarpun tidak adanya korban jiwa, tetapi kerusakan diruang SPKT tempat pelayanan masyarakat. Polisi akan bekerja dengan arif dengan memperhatikan segala aspek dengan gambaran pemahaman pelaku, ini menjadi bahan untuk mempertimbangkan proses penyidikan selanjutnya,” jelas Kapoldasu

Sementara Ketua MUI Pematangsiantar Drs.H M. Ali Lubis menyampaikan, kejadian yang tadi pagi sangat mengejutkan masyarakat kota Pematangsiantar, tapi alhamdulilah dengan cepatnya gerakan tadi, kepolisian lebih khusus lagi dari Kapolda langsung turun. 

"Mudah-mudahan tidak membawa efek yang tidak baik sesuai dengan informasi yang diberikan orang tuanya. Pelaku pernah tabrakan makanya mengakibatkan cara berfikir pelaku kurang sempurna"  ujar Ketua MUI Pematangsiantar.

“Sehingga kita sudah sampaikan kepada orang tuanya, bahwa kami dari MUI siap memberikan tausiyah, wejangan, keterangan yang baik kepada pelaku, supaya jangan sempat menyimpang dari apa yang kita inginkan. Mudah-mudahan ke depan pemikiran pelaku lebih baik lagi"  tambah Ketua MUI pematangsiantar Drs H.M Ali lubis. 
 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri orang tua pelaku Murniati Sinulingga, Wakapoldasu Brigjen Pol  Dadang Hartanto, Dirkrimum Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Dirintel Kombes Pol Dwi Indra Maulana, Kasubdit Paminal Polda Sumut AKBP Catur Sungkowo, PJU Polres Pematangsiantar.  

Laporan : Anton Garingging