= Elyasa Budianto, SH : "Kasus Dugaan Pengeroyokan 3 Wartawan Belum Ada Titik Terang, Harusnya di Bikin Simpel Saja, Gak Ribet Kok" - Nuansa Metro

Elyasa Budianto, SH : "Kasus Dugaan Pengeroyokan 3 Wartawan Belum Ada Titik Terang, Harusnya di Bikin Simpel Saja, Gak Ribet Kok"


Foto : Elyasa Budianto bersama rekan, saat investigasi terkait kasus dugaan pengeroyokan terhadap tiga wartawan di desa Waluya.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Insiden pengeroyokan 3 orang jurnalis Karawang beberapa waktu lalu di dusun Pangasinan desa Waluya kecamatan Kutawaluya Karawang, kasusnya hingga kini belum menemukan titik terang, karena belum tertangkapnya terduga pelaku pengeroyokan tersebut.

Presidium KAMI Kabupaten Karawang,
H. Elyasa Budianto, menyesalkan atas lambatnya pihak kepolisian resort Karawang dalam menangkap para pelaku dugaan pengeroyokan terhadap tiga wartawan di Karawang.

"Kami dari AREKA dan KAMI Karawang bersolidaritas atas terjadinya pengeroyokan terhadap ke 3 jurnalis. Makanya kami datang ke desa Waluya ini untuk Investigasi, karena kasusnya sudah masuk Minggu ke 3 dalam perkara ini,"  Ujar H. Elyasa Budiyanto SH, saat jumpa pers di Aula Kecamatan Kutawaluya, Sabtu (19/3).

Menurut Elyasa, dirinya teringat akan ucapan Kapolres Karawang perihal "Halo pak Kapolres kami lapor..!!".

"Padahal istri dari salah seorang pelaku sudah memberikan nama-nama yang lainnya dari terduga pelaku. Apa sih yang membuat sulit pihak Polres Karawang, hingga susahnya menangkap para terduga pelaku pengeroyokan tersebut?"  Heran Elyasa.

Masih kata Elyasa, sebenarnya perkara ini sangat mudah di lakukan untuk melakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap para pelaku pengeroyokan tersebut.

"Kalau bagi saya, hal itu sebuah Crime Hunter itu yang sangat mudah, untuk di lakukan penangkapan dan pemeriksaan selanjutnya. Jangan terlalu lama di biarkan perkara ini. Khawatir masyarakat tidak percaya atas kinerja polisi terhadap masalah dugaan pengeroyokan ini"  papar Elyasa.

Lebih lanjut Elyasa menjelaskan, para terduga pelaku sudah di nyatakan statusnya oleh pihak kepolisian Polres Karawang dengan Daftar Pencarian Orang (DPO) kepada para pelaku dugaan pengeroyokan itu.

"Pihak kepolisian dalam hal ini Polres Karawang sudah menyatakan bahwa para terduga pelaku sudah masuk statusnya ke DPO. Menurut saya, kalau para terduga pelaku itu masuk DPO, sudah sepantasnya berarti dalam cakupan pencarian dalam misteri orang tersebut hilang dari peredaran. Apalah susahnya di setiap kantor desa di sebar poto-Poto dan nama-nama dari para terduga pelaku pengeroyokan 3 awak media tersebut,"  Lanjutnya.

"Kita prihatin saja, karena kasus ini terlalu berlama-lama, harusnya di bikin simpel saja, gak ribet kok. Karena perkara ini masuk perkara pidana umum, bukan delik aduan,"  tegas Elyasa.

Foto : Elyasa Budianto bersama rekan saat konferensi pers di kantor Kecamatan Kutawaluya.

Elyasa berharap, perkara ini jangan sampai berakhir di delapan enam. 

"Kalau sampai hal ini terjadi, jelas itu sebuah perusakan moral dan norma jurnalis,"  Pungkasnya. 

Laporan : Asep Kurniawan