= Ditengah Pandemi Covid-19 Sektor 3, Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Menjadi Lahan Budidaya Jahe Merah - Nuansa Metro

Ditengah Pandemi Covid-19 Sektor 3, Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Menjadi Lahan Budidaya Jahe Merah


Foto : Lahan tidur di Desa Mandalahaji disulap menjadi lahan pertanian, dengan membuat demplot demplot untuk ditanami Jahe Merah.

www.nuansametro.co.id - Bandung
Dalam rangka Peraturan Presiden (Perpres)No.15 tahun 2018 yang sudah ditandatangani Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo tentang percepatan, pengendalian, pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum Harum yang ada di Wilayah Jawa Barat dengan program Citarum Harumnya.

Sektor 3 Citarum Harum di bawah Komando Dansektor nya Kolonel. Arh. Roby N Simanjuntak, S.IP, terus dan terus melaksanakan Program Citarum Harum nya termasuk terus membangun Ketahanan Pangan di wilayahnya agar tercapai dengan baik dan sempurna.

Program tersebut diantaranya pembersihan lingkungan dan sungai-sungai yang mengaliri wilayah Sektor 3 Citarum Harum, melakukan penataan dan pembuatan Taman Maung, Taman Buah, melakukan komsos serta edukasi kepada masyarakat wilayah Sektor 3 Citarum Harum akan pentingnya menjaga Alam dan Lingkungan sekitarnya, serta melakukan pemanfaatan lahan tidur dan gundul dengan cara penanaman pohon di desa desa wilayah Sektor 3 Citarum Harum.

Sektor 3 Citarum Harum mendorong masyarakat untuk membangun ketahanan pangan di wilayahnya, salah satunya melalui pemanfaatan lahan-lahan tidur di desa. 

Salah satu contoh mengubah lahan tidur di Desa Mandalahaji menjadi lahan pertanian, dengan membuat demplot demplot untuk ditanami Jahe Merah, yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Mandalahaji di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Pelaksanaan pembuatan demplot pertanian tersebut melibatkan anggota Satgas Sektor 3 Citarum Harum beserta  masyarakat yang ada di Desa Mandalahaji.

Dansektor 3 Citarum Harum, Kolonel. Arh. Roby N Simanjuntak, S.IP, mengatakan Sektor 3 Citarum Harum tidak akan berhenti dan terus mengajak masyarakat, untuk memanfaatkan lahan tidur untuk bisa membantu membangun ketahanan pangan masyarakat di situasi pandemi Covid-19 ini.

Laporan : Purwadhi JSI