= Dinas ESDM Provinsi NTB dan Tenaga Ahli dari Korsel, Melakukan Pengambilan Sampel Tanah di Sampir Taliwang - Nuansa Metro

Dinas ESDM Provinsi NTB dan Tenaga Ahli dari Korsel, Melakukan Pengambilan Sampel Tanah di Sampir Taliwang


Foto : Pihak Dinas ESDM Provinsi NTB dan Tenaga Ahli dari Korea Selatan saat pengambilan Sampel tanah kandungan Mercury di lokasi pertambangan masyarakat di Kelurahan Sampir Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

www.nuansametro.co.id - Sumbawa Barat
Babinsa anggota Koramil 1628-01/ Taliwang Kelurahan Sampir dan Bhabinkamtibmas Anggota Polsek Taliwang melakukan pendampingan terhadap Dinas ESDM Provinsi NTB dan Tenaga Ahli dari Korea Selatan dalam pengambilan Sampel tanah kandungan Mercury di lokasi pertambangan masyarakat di Kelurahan Sampir Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin, S.IK,.M.IP melalui Kasi Humas Ipda Eddy Soebandi,S.Sos mengatakan, pada Jum'at (04/3) bertempat di lingkungan Pakirum dan Karang Penok kelurahan Sampir dilakukan pengambilan sampel tanah kandungan mercuri oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinisi NTB, Dinas LH Kabupaten Sumbawa Barat dan Tenaga Ahli dari KOMIR ( Korea Mine Rehabilitation and Mineral Resources Corp ).

Eddy mengatakan, sebelum melakukan pengambilan sampel tanah Dinas ESDM provinsi NTB Trisman, ST, MP yang didampingi tenaga ahli dari Korea Selatan melakukan Sosialisasi terhadap masyarakat bertempat di Kantor Lurah Sampir Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Trisman mengatakan, bahwa kedatangannya bersama tim bukan untuk melakukan penutupan terhadap aktifitas tambang di KSB, akan tetapi hanya untuk mengambil sampel tanah yang diduga mengandung mercury di lokasi - lokasi tambang. 

"Dan hasilnya dari uji lab atas sampel tersebut tidak menjadi konsumsi publik dan akan ada proses rehabilitasi atau solusi dari pencemaran lingkungan tersebut."  jelasnya.

Kata Eddy, selanjutnya, pukul 16.30 wita Tim menuju ke lokasi tambang yaitu lokasi gelondong di karang penok kelurahan Sampir yang didampingi oleh Pemerintah Kelurahan Sampir, TNI/Polri dan Solidaritas Tambang Rakyat KSB dengan melakukan pengambilan sampel tanah.

" Kemudian pukul 18.00 wita Tim menuju ke Lingkungan Fakirum melanjutkan pengambilan sampel tanah yang berada di lokasi Gelondong milik para penambang." tuturnya.

Kegiatan pengambilan sampel hadir Dinas ESDM Provinsi NTB, Trisman, ST, MP. Dinas Lingkungan Hidup KSB Agus, ST.Tenaga Ahli dari KOMIR ( Korea Mine Rehabilitation and Mineral Resources Corp ) Sunbaek Bang.l, Lurah Sampir Syafrudin, M.AP, Kanit Intelkam Sek Taliwang AIPDA Romy Wira. K.Babinsa dan Bhabinkamtibmas kelurahan Sampir, Ketua Solidaritas Tambang Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat Dahlan dan Para Penambang sekitar 20 orang.  (NP)