= Seorang Penderita ODGJ Setelah Mendapat Perhatian Dari Kapolres dan Bupati Karawang, Langsung di Bawa Ke RS. Marjuki Mahdi Bogor - Nuansa Metro

Seorang Penderita ODGJ Setelah Mendapat Perhatian Dari Kapolres dan Bupati Karawang, Langsung di Bawa Ke RS. Marjuki Mahdi Bogor


Foto : Kapolres dan Bupati Karawang saat mengunjungi Teh Ikah Yang menderita gangguan jiwa, Kamis (17/2).

www.nuansametro.co.id- Karawang Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bersama Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono SH, SI.K, MH melakukan kunjungan ke rumah salah seorang warga penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Dusun Pulojaya 1 RT 02 RW 001 Desa Sumurlaban Kecamatan Tirtajaya Karawang. Kamis (17/2/2022).

ODGJ yang bernama Maya alias Teh Ikah (36), mengalami depresi berat usai ditinggal wafat suaminya belum lama ini. Ikah telah memiliki 4 orang anak, anak yang pertama berusia 17 tahun, sedangkan anak keduanya berumur 14 tahun dan yang ke tiga berusia 12 tahun dan masih sekolah, sedangkan yang ke  empat usianya baru 6 tahun dan belum sekolah.

Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana ketika di konfirmasi awak media saat di lokasi, mengatakan, bahwa Ikah terlihat kondisinya begitu memprihatinkan. Ikah tinggal bersama orang tua dan saudara-saudaranya. Dan apabila sedang mengalami guncangan atau kumat terkadang sesekali suka mengamuk, hingga akhirnya keluarga pun mengisolasinya di sebelah rumah saudaranya tersebut.  

"Melihat kejadian seperti ini  anak-anaknya pun untuk sementara ini diasuh dan dirawat oleh keluarga besarnya dengan penuh kasih sayang," ungkap Bupati.

Menurut Bupati, pihaknya akan terus memantau dan akan ditangani secara medis oleh Puskesmas Tirtajaya dengan rutin, dan tentunya mensuplai obat-obatan yang dibutuhkannya pula. 

"Terlepas daripada itu Bidan desa juga nantinya dengan secara berkala akan  memeriksa yang bersangkutan. Akan tetapi Sebelum kondisinya memburuk dalam waktu dekat akan kami rujuk ke rumah sakit,"  Ucapnya.

Cellica pun meminta kepada Dinas Sosial untuk ikut serta memperhatikan nasib anak-anak Teh Ikah.

"Tadi saya langsung berbicara dengan mereka, Insyaa Allah mereka akan masuk pesantren dan akan melanjutkan sekolah di sana," terang Bupati. 

Selain itu, tentunya Pemda pun kebetulan memiliki program bansos bagi anak-anak yatim melalui lembaga LKSA. Tentunya, ketiga anak-anak teh Ikah akan masuk dalam program tersebut.

"Mudah-mudahan bermanfaat untuk Teh Ikah dan keluarga. Teh Ikah segera sembuh dan bisa mengurusi anak-anaknya kembali dan kamipun berharap anak-anaknya tetap semangat menjalani hidup untuk masa depan yang lebih baik,"  harap Bupati.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas PUPR Karawang, Drs. Dedi Ahdiat mengatakan agar Teh Ikah dan anak-anaknya memiliki tempat tinggal yang nyaman.

Pihaknya akan segera membangunkan rumah layak huni (Rulahu) di lahan orangtuanya.

"Insyaa Allah, mulai besok rumahnya akan mulai kami bangunkan. Adapun, untuk isi perabotannya akan dibantu oleh Bapak Kapolres Karawang," tandasnya.

Camat Tirtajaya, H. Agus Mufti Syarifudin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Karawang dan Kapolres Karawang, yang telah mengunjungi sekaligus membantu semua kebutuhan-kebutuhan yang memang di butuhkan oleh keluarga Teh Ikah.

"Kami dari Pemerintah Kecamatan Tirtajaya dan pemerintah desa akan selalu melakukan pemantauan dan memfasilitasi terhadap pasien dan keluarga pasien,"  ucap Camat..

Setelah ada perintah dari bupati, Teh Ikah pun, akan langsung di rujuk oleh Puskesmas Tirtajaya ke RS Marjuki Mahdi Bogor. (Abdul.R/Asep.S)