= Pemdes Kampungsawah Kecamatan Jayakerta, Rutin Jalankan Kegiatan Jumsih Bersama Warga - Nuansa Metro

Pemdes Kampungsawah Kecamatan Jayakerta, Rutin Jalankan Kegiatan Jumsih Bersama Warga


Foto : Pemdes Kampung Sawah saat melaksanakan jumsih, Jum'at (11/2).

www.nuansametro.co.id - Karawang Kegiatan Jumat bersih (Jumsih) sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan Pemerintahan Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang. Dalam kegiatan tersebut tampak segenap staf dan perangkat Desa bersama warga sekitar, bahu membahu membersihkan selokan.

Dede Sunarya Selaku Kades Kampungsawah mengatakan, 
Kegiatan Jumsih ini dimulai dari pagi hari membersihkan sampah di pinggir jalan, saluran air, mencabut rumput liar serta menebang dahan pohon yang menjorok ke badan pesawahan.

"Kegiatan Jum'at bersih dilakukan untuk mewujudkan Desa Kampungsawah agar lingkungan menjadi bersih dan sehat," ungkapnya, kepada jurnalis Nuansa Metro waktu ditemui dilokasi kegiatan, Jum'at (11/02/22).

Menurut Dede, pihaknya sengaja fokus pembersihan saluran tersier atau selokan untuk memberi contoh kepada warga sekitar. Hal tersebut agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta untuk mencegah terjangkitnya wabah penyakit demam berdarah yang di sebabkan oleh nyamuk malaria ( Aides Aegypti ).

"Apalagi di masa-masa pandemi covid 19 ini, jadi alangkah lebih baiknya kita harus tetap menjalankan anjuran pemerintah yaitu dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan 5M," Ungkapnya.

Jumat bersih ini rutin di lakukan setiap Jumat pagi. Semua staf dan perangkat Desa TanahBaru diwajibkan ikut dalam kegiatan Jumsih. Kerja bakti saat ini, difokuskan pembersihan sampah-sampah rumah tangga, yang menyumbat saluran air yang mengakibatkan air tidak mengalir dengan lancar.

"Selain daripada itu kegiatan jum'at bersih ini kami laksanakan adalah demi menjaga lingkungan sekitar agar tetap terlihat bersih. Semoga dengan kegiatan ini, warga yang ada di wilayah kami khususnya, bisa lebih solid lagi mampu bekerjasama serta gotong royong dalam menjaga kebersihan di lingkunganya masing-masing,"  Tutup Dede.  (Abdul. R/Asep. S)