= Musrenbang Kecamatan Pakisjaya, Dengan Tema Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Potensi Lokal - Nuansa Metro

Musrenbang Kecamatan Pakisjaya, Dengan Tema Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Potensi Lokal


Foto : Unsur aparatur kecamatan Pakisjaya dan para kepala desa serta OPD dari PUPR dan anggota DPRD Karawang saat melaksanakan kegiatan Musrenbang, Kamis (17/2).

www.nuansametro.co.id-Karawang
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan, dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas (bottom-up planning).

Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan, yang diselenggarakan kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, pada Kamis (17/02/2022).

Acara tersebut di hadir langsung oleh H. Panji Santoso SE, Camat Pakisjaya, Drs H. Syarif Hidayatulloh, MM. Sekcam Pakisjaya. Supandi, SE. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (KASI-PMD) Pakisjaya.

Turut hadir pula dalam Kegiatan Musrenbang tersebut antara lain, Pelda, Ahmad Ibrohim. Danposramil Pakisjaya. dua anggota DPRD Dapil III. Drs. Maman Suherman, Anggota DPRD Fraksi PKS dan H. Abas Anggota DPRD Fraksi Demokrat, beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karawang, Kepala Desa, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, TP-PKK, serta Stakeholder terkait lainnya.

Musrenbang merupakan agenda tahunan dimana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan usulan dan alokasi anggaran.

Seperti halnya yang di sampaikan, H. Panji Santoso SE. Camat Pakisjaya, selaku pimpinan rapat mengatakan, dengan adanya musrenbang tingkat kecamatan Pakisjaya tahun 2022 ini diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. 

Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kecamatan Pakisjaya. 

Dalam musrenbang kecamatan ini pula, usulan kegiatan dari tingkat Desa akan dilakukan verifikasi terkait dengan kelayakan usulan, baik secara teknis maupun jenis kewenangan dengan mengundang perangkat daerah terkait dan Bappeda. 

"Dari proses verifikasi tersebut, akan dihasilkan daftar usulan kegiatan yang selanjutnya, akan dibawa ke proses selanjutnya yaitu Forum Perangkat Daerah guna dilakukan sinkronisasi dan verifikasi kelayakan secara lebih lanjut."  Papar Camat.

Sementara itu, Supandi, SE. Selaku kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (KASI-PMD) Kecamatan Pakisjaya, dirinya menyampaikan, "Musrenbang kecamatan Pakisjaya tahun 2022 mengambil tema, "Dengan penguatan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal, serta ekonomi kreatif kecamatan Pakisjaya unggul, sejahtera dan mandiri," dengan prioritas daerah sebagai berikut:

1. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pemenuhan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan

2. Pemenuhan Infrastruktur dasar pedesaan dan peningkatan kualitas Infrastruktur sarana jaringan irigasi.

3. Mewujudkan kemandirian dengan menggerakkan sektor- sektor strategis ekonomi lokal untuk dapat bersaing dalam menurunkan angka kemiskinan.

4. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif serta menjamin kehidupan politik dan penegakan hukum.

5. Peningkatan kualitas kehidupan keagamaan dan kebudayaan dalam menciptakan ketentraman dan kondusifitas untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

Lebih lanjut Supandi, SE. mengungkapkan, kepada seluruh kepala desa yang hadir didalam acara Musrenbang di kecamatan Pakisjaya ini, bahwa terkait dengan usulan untuk tahun 2022 itu diharapakan tidak hanya dari sektor infrastruktur saja, akan tetapi bisa juga dari sektor-sektor lainnya seperti, contohnya dari sektor peternakan dan perikanan, pendidikan, sosial budaya dan lain-lain, jadi tidak hanya tertuju di infrastruktur.

"Karena di kecamatan Pakisjaya ini banyak sekali yang harus dikembangkan dan perlu di benahi kembali semua sektor yang ada."  jelasnya.

Masih di katakan, Supandi SE, dalam acara Musrenbang kecamatan Pakisjaya di mana telah kehadiran dua anggota DPRD Dapil III kabupaten Karawang baik itu dari Fraksi PKS dan Fraksi Demokrat, penuh harap nantinya dapat membantu serta mendorong seluruh aspirasi usulan masyarakat kecamatan Pakisjaya dalam pelaksanaan anggaran di tahun 2023 agar cepat terealisasi.

"Ada salah satu contoh program yang telah kami usulkan, salah satunya terkait pengairan. Yang mana Pakisjaya ini ketika musim penghujan itu malah kelebihan air bahkan kebanjiran, namun ketika musim kemarau sangatlah sulit dengan pasokan air. Ada dua usulan yaitu harus di laksanakan rabat beton serta normalisasi saluran-saluran yang masuk ke wilayah kecamatan Pakisjaya,"  pungkasnya 
(Abdul.R/Asep.S)