= Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor Gelar Webinar Nasional Kebahasaan - Nuansa Metro

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor Gelar Webinar Nasional Kebahasaan


Foto : Kegiatan Webinar berlangsung secara virtual via Zoom Meeting, di STKIP Muhammadiyah Bogor, Sabtu (05/02/22).

www.nuansametro.co.id - Bogor
Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), STKIP Muhammadiyah Bogor telah sukses menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional Kebahasaan untuk pertama kalinya. 

Kegiatan Webinar berlangsung secara virtual via Zoom Meeting, adapun tujuan diadakannya webinar ini adalah, sebagai tugas akhir dari mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Pelaksananya ialah mahasiswa angkatan 2018, Sabtu (05/02/22).

Mengusung tema, "Pembinaan Bahasa Indonesia untuk Membentuk Karakter Anak Bangsa". kegiatan webinar dilakukan dengan menghadirkan enam pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing, diantaranya, Teguh Yuliandri Putra, S.Pd., M.Pd. dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Yulia Adiningsih M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor.

Kemudian, Fitra Youpika, S.Pd., M.Pd. dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Bengkulu, dan tiga narasumber lainnya : Rina Nuryani, M.Pd., Nina, M.Pd., dan Sofiatin, M.Pd merupakan dosen STKIP Muhammadiyah Bogor. 

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan pembuka dari Ketua STKIP Muhammadiyah Bogor, Dr. H. Edy Sukardi, M.Pd. Dalam sambutannya disampaikan apresiasi dan harapan untuk pelaksanaan kegiatan. 

"Saya selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Bogor menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini, terima kasih kepada Yulia Adiningsih yang sudah mengadakan kegiatan webinar ini. Dan juga para mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Semoga acaranya dapat berlangsung dengan lancar dan bermanfaat,"  ungkapnya. 

Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Teguh Yuliandri Putra, S.Pd., M.Pd. sebagai salah satu narasumber membawakan materi mengenai "Pembinaan dan Perlindungan Eksistensi Bahasa". 

Dalam materinya disampaikan bahwa menurutnya, salah satu pembinaan bahasa dapat dilakukan dengan melalui game lokal. 

"Permainan ini saya kembangkan sebagai elemen bagaimana sarana saya untuk mengkaji ilmu bahasa dari sebuah permainan. Kemudian dikembangkan juga melalui lagu." tutur Teguh  

Ia menyampaikan, bagaimana tahapan-tahapan jika ingin melakukan pembinaan bahasa berbasis game strategis, yang terdiri dari tiga tahapan yakni tahap (1) persiapan, (2) inkubasi, dan (3) iluminasi. 

Webinar yang dihadiri seratus lima puluh peserta ini, berlangsung sangat interaktif dengan adanya sesi diskusi secara langsung antara peserta dan narasumber. 

Para peserta juga turut mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa PBSI sebagai platform edukasi mengenai Pembinaan Bahasa Indonesia. 

Dengan kegiatan ini, selain meningkatkan sikap positif anak bangsa terhadap bahasa Indonesia, diharapkan juga, dapat menambah wawasan dan kemampuan generasi muda untuk menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam komunikasi sehari-hari serta menjunjung tinggi bahasa persatuan Bahasa Indonesia. 
(Inda Megayani/M. Janwar)