= JPZIS Lazisnu DKM An-Nada Griya Budiman Asri, Salurkan Dana Santunan Yatim dan Dhuafa - Nuansa Metro

JPZIS Lazisnu DKM An-Nada Griya Budiman Asri, Salurkan Dana Santunan Yatim dan Dhuafa


Foto : Penyaluran dana santunan kepada anak yatim dan dhuafa oleh JPZIS Lazisnu DKM An-Nada.

www.nuansametro.co.id - Klari
Kegiatan rutin bulanan berupa santunan Yatim, Dhuafa yang dilakukan Jaringan Pengumpul Zakat Infaq dan Sedekah (JPZIS) dari Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) DKM An-Nada di Perum Griya Budiman Asri Dusun Krajan I Desa Cibalongsari mendapat sambutan hangat dari penerima manfaat. 

JPZIS Lazisnu DKM An-Nada yang diketuai oleh Ahmad Hafifi bersama-sama dengan Ketua Rois Anak Kelompok Ranting NU Perum Griya Budiman Asri (GBA) Ust. Agan Ma'mun, terus melakukan sosialisasi dan menyalurkan dana sedekah yang dikoordinir melalui deposit sedekah Kaleng Sedekah Lazisnu di lingkungan GBA. 

Dengan mengantongi ijin SK dari PC Lazisnu Karawang, Nomor : 005.1-SK/D-14/LAZISNU/XI/2021, JPZIS Lazisnu DKM An-Nada satu-satunya lembaga resmi di Griya Budiman Asri yang mendapat amanah untuk mengumpulkan dan mendistribusikan sedekah melalui program deposit Kaleng Sedekah Lazisnu. 

Dimana dana sedekah tersebut disalurkan melalui beberapa program yang telah disepakati oleh pihak lingkungan GBA dan PC Lazisnu Karawang sebagai refferensi. 

Diantara program tersebut adalah program pemberdayaan masjid, musholla, majelis Ta'lim, lingkungan, yatim piatu, dhuafa dan program pengurusan kematian secara gratis oleh DKM An-Nada.   

Seperti yang disampaikan oleh Ketua PC Lazisnu Kabupaten Karawang, H. Asep Abdullah Syafe'i, A.md, saat dikunjungi oleh jurnalis Nuansa Metro, dia menyampaikan, JPZIS Lazisnu DKM An-Nada adalah bagian DKM An-Nada yang bertugas memakmurkan lingkungan masyarakat, lingkungan masjid dan buminya. Sesuai dengan motto dari Lazisnu "Dari Masjidnya, Kita Makmurkan Buminya". 

H. Asep berharap, di setiap dusun bisa terbentuk JPZIS-JPZIS baru yang bisa membantu memakmurkan masjid dan lingkungannya, terutama yatim piatu dan fakir miskin dengan konsep bekerjasama bersama pihak aparat setempat mulai dari RT, RW dan Kepala Dusun. 

"Sehingga penyaluran atau pendistribusian dana sedekah bisa menjadi sebuah terobosan baru, dalam mengentaskan kemiskinan dan peningkatan ekonomi ummat dilingkungan masing-masing"  harapnya.

Dalam kegiatannya JPZIS Lazisnu DKM An-Nada juga mengedepankan sistem yang diterapkan oleh PC Lazisnu pusat dan Kabupaten Karawang. Yaitu dengan slogan MANTAP (Moderen, Accountable, Transparan, Amanah dan Profesional). 

"Lazisnu sendiri sudah mengantongi sertifikasi ISO9001 dan berskala Nasional. Dengan ijin dari Kemenag No: 255/2016 menjadikan Lazisnu lembaga resmi kedua setelah Baznas. Laporan pendapatan dan pendistribusian dilakukan pihak PC Lazisnu setiap bulan melalui sistem managerial yang ditetapkan kepada tiap-tiap JPZIS. Mulai dari data penerima manfaat, data pemegang deposit Kaleng Sedekah, hingga dokumentasi pendistribusian kepada penerima manfaat,"  imbuhnya.

Pada kesempatan pembagian santunan yatim piatu dan dhuaffa JPZIS Lazisnu DKM An-Nasa tidak hanya melakukan santunan dilingkungan perumahan, namun juga dilakukan pada warga Dusun Krajan I dan Dusun Pasir Panjang Desa Cibalongsari. Bersama dengan ketua RT Dusun Pasir Panjang, team Relawan JPZIS Lazisnu DKM An-Nada mendatangi rumah-rumah anak yatim dan dhuafa yang sudah terdata untuk diberikan santunan. 

"Kami sangat bahagia sekali, warga kami mendapatkan santunan, semoga kegiatan santunan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu kondisi saat ini Pandemi Covid-19, terutama warga miskin yang masih sulit dalam mendapatkan penghasilan" Ujar Ketua RT Dusun Pasirpanjang yang mendampingi Relawan JPZIS Lazisnu DKM An-Nada.  (Lihoe)