= AUIM Menggelar Unras Ke Kemenag Karawang, Tuntut Presiden Copot Menteri Agama - Nuansa Metro

AUIM Menggelar Unras Ke Kemenag Karawang, Tuntut Presiden Copot Menteri Agama


Foto : Perwakilan unjuk rasa dari Aliansi Umat Islam Menggugat (AUIM) saat diterima oleh Kemenag Karawang, Jum'at (25/2).

www.nuansametro.co.id - Karawang
Sejumlah organisasi Islam di Kabupaten Karawang yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Menggugat (AUIM) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kemenag Karawang, mendesak Presiden Jokowi untuk mencopot Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Jum'at (25/2/2022).

Hal ini buntut dari pernyataan Yaqut yang diduga menyamakan suara Adzan dengan gonggongan Anjing. 

Selain berunjuk rasa, perwakilan massa beraudiensi dengan Kepala Kemenag Karawang, untuk menyampaikan tuntutannya. 

Koordinator aksi unjuk rasa, Robby N mengatakan pada aksi ini pihaknya menyampaikan tiga tuntutan yaitu Menteri Yaqut segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menag, Menteri Yaqut segera menyampaikan permohonan maaf dan mendesak Presiden Jokowi memecat Yaqut.

Robby sangat menyesalkan pernyataan Yaqut yang diduga menyamakan suara Adzan dengan gonggongan anjing, pernyataan Yaqut sangat melukai hati umat Islam.

"Harusnya beliau sebagai Menag menjadi penyejuk umat beragama, bukan membuat kegaduhan, daripada sibuk ngurusin Toa Masjid lebih baik Yaqut mengurusi hal hal yang bermanfaat untuk umat beragama,"  ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Karawang H.Dadang Ramdani menuturkan, menerima dan menyerap aspirasi dari umat Islam Karawang, yang menyampaikan keberatan dengan pernyataan Menteri Agama RI.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, akan menyampaikan aspirasi umat Islam Karawang ke Kemenag Provinsi Jawa Barat kemudian akan di sampaikan ke Kemenag Pusat. 

"Kami menghimbau umat Islam tetap menjaga persatuan, kedamaian dan selalu jalin silaturahmi, agar Kabupaten Karawang selalu kondusif,"  pungkasnya.(Irfan)