= Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Wisuda, Luluskan 1.855 Lulusan Terbaiknya - Nuansa Metro

Universitas Singaperbangsa Karawang Gelar Wisuda, Luluskan 1.855 Lulusan Terbaiknya


Foto : Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang, saat acara Wisuda di Hotel Resinda, Selasa (25/1/2022).

www.nuansametro.co.id - Karawang
Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menyelenggarakan wisuda gelombang I tahun akademik 2021/2022 di Ballroom Hotel Resinda Karawang, selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 Januari 2022, dengan jumlah Wisudawan sebanyak 1.855 orang terdiri atas 148 orang wisudawan program Diploma Tiga, 1.626 orang wisudawan program Sarjana, dan 81 orang wisudawan program Magister.

Di setiap harinya, pelaksanaan wisuda dibagi menjadi 2 sesi. Pada hari Selasa 25 Januari 2022, sesi 1 ditujukan untuk wisudawan program S2 Manajemen, S1 Manajemen, Sarjana Akuntansi, D-III Akuntansi, S1 Agroteknologi serta program S1 Agribisnis dan sesi 2 untuk wisudawan program S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Sl Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, dan program D-III Kebidanan. 

Pada hari Rabu 26 Januari 2022, sesi 2 ditujukan untuk wisudawan program S1 Teknik Industri, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, D-III Teknik Mesin. Magister Pendidikan Agama Islam, SI Pendidikan Agama Islam, S1 Manajemen Pendidikan Islam, dan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan sesi 2 untuk wisudawan program S2 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Komunikasi, dan S1 Teknik Informatika.

Wisuda dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, yakni memakai masker selama acara, melakukan pengecekan suhu, dan menjaga jarak. Jumlah wisudawan rata-rata 470 orang per sesi dari kapasitas ruangan ballroom hotel sebanyak 1.500 orang. 

Prosesi wisuda hanya dihadiri oleh pihak rektorat, senat, dan dekanat, serta para wisudawan dan 8 orang tua dari wisudawan terbaik pada setiap sesi. Selain itu, seluruh komponen pendukung acara dan wisudawan diwajibkan sudah menerima vaksinasi Covid 19 minimal dosis pertama dan menunjukkan hasil swab antigen non-reaktif 1 x 24 jam atau PCR negatif 2 x 24 jam.

Wisuda adalah tahapan yang menandakan selesainya satu tahap kehidupan belajar di kampus dengan status mahasiswa dan terbukanya pintu tahapan selanjutnya. Maka wisuda ini perlu dimaknai sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang.

Dalam pidatonya, Rektor Unsika, Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., ACPA., CA., menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan secara khusus kepada para orang tua dan wali yang telah memercayai Unsika sebagai tempat putra-putrinya untuk menuntut ilmu. Beliau juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan atas kerja keras dan kerja samanya dalam mendidik mahasiswa sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya. 

Sebagai Rektor, beliau berkomitmen untuk memastikan Unsika sebagai lembaga formal perguruan tinggi mampu menghasilkan tenaga kerja yang kompeten sekaligus siap menghadapi dunia kerja seiring dengan kemajuan teknologi.

Beliau mengingatkan para wisudawan mengenai pentingnya menjaga makna akademik dan nilai moral dari gelar yang diperoleh.

 "Secara akademik, Saudara harus menjadi sumber pencerahan bagi masyarakat. 
Sedangkan secara moral, saudara harus dapat mempertanggungjawabkan gelar diploma, sarjana, dan magister yang melekat pada diri Saudara sehingga tidak disalahgunakan", ujar guru besar dalam bidang sistem informasi tersebut.

Rektor juga mengatakan belajar di kampus saja tentu tidak cukup sehingga para alumni diharapkan tetap belajar di manapun dan kapan pun tanpa mengenal waktu, usia, dan tempat. Beliau mengakhiri pidatonya dengan ucapan terima kasih bagi panitia dan seluruh sivitas akademika serta tenaga kependidikan Unsika yang telah menyiapkan penyelenggaraan wisuda dengan baik.  (Irfan)