= Polisi Masih Buru Anggota GMBI Yang Terlibat Rusuh, Walaupun Ketum GMBI Sudah Ditangkap - Nuansa Metro

Polisi Masih Buru Anggota GMBI Yang Terlibat Rusuh, Walaupun Ketum GMBI Sudah Ditangkap


Foto : Ratusan anggota LSM GMBI yang berhasil diamankan di Mapolda Jawa Barat.

www.nuansametro.co.id - Bandung
Kepala Bidang Humas (Kabid Humas) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menangkap Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) berinisial F, menyusul kericuhan yang terjadi di depan Mapolda Jabar, Kamis (27/1/2022)

Menurut Kabid Humas, F ditangkap pada Jumat pagi di kediamannya di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, tak lama setelah ratusan anggota GMBI itu ditangkap.

"Masih ada beberapa orang yang masih kita kejar untuk penangkapan," ungkap Ibrahim di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (28/1/2022).

Selain F, kata Ibrahim, ada sejumlah orang yang turut diamankan. Sejumlah orang tersebut, diduga yang memimpin aksi ormas GMBI hingga menimbulkan kericuhan.

Dari sejumlah orang yang diamankan, termasuk F sejauh ini masih berstatus sebagai saksi. Mereka kini tengah menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat.

"Pemeriksaan akan dilakukan secara maraton karena banyak. Semua itu agar bisa dilihat siapa saja yang terlibat pidana,"  terangnya.

Dengan adanya penangkapan sejumlah tokoh ormas GMBI, menurutnya, kini ada sebanyak 731 orang yang diamankan usai kericuhan yang terjadi di Polda Jawa Barat pada Kamis (27/1).

Dampak dari kericuhan itu, ada sejumlah fasilitas yang rusak, mulai dari pintu gerbang, pagar patah, dan lampu pecah. Aksi tersebut diwarnai dengan pelemparan batu oleh para anggota ormas GMBI.

Aksi unjuk rasa itu, dilakukan anggota LSM GMBI, karena adanya ketidakpuasan terhadap penanganan kasus yang terjadi di jalan Interchange Karawang Barat pada November tahun 2021 lalu.  (Pur/Dimas)