= Pemasangan U-dith Terlalu Tinggi, Diduga Salah Satu Penyebab Banjir di Rengasdengklok Selatan - Nuansa Metro

Pemasangan U-dith Terlalu Tinggi, Diduga Salah Satu Penyebab Banjir di Rengasdengklok Selatan


Foto : Perumahan di wilayah Bojong Tugu Rengasdengklok Selatan.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Hujan deras selama 2 hari mengakibatkan beberapa wilayah di kecamatan Rengasdengklok terendam banjir, hal tersebut di karenakan saluran pembuangan (drainase) yang buruk.

Banjir yang merendam wilayah kecamatan Rengasdengklok kerap terjadi setiap tahun di musim hujan, beberapa ruas jalan terendam banjir dan puluhan rumah terendam dengan ketinggian air 40-50cm.

Menurut keterangan Wawan salah seorang warga desa Kertasari mengatakan, bahwa banjir kerap terjadi setiap musim hujan di beberapa wilayah kecamatan Rengasdengklok. 

"Ya kejadian banjir seperti ini sering terjadi setiap tahun di musim penghujan, karena buruknya saluran pembuangan airnya, air jadi meluap ke seluruh badan jalan sehingga mengakibatkan kemacetan dijalan raya  yang menuju pasar Rengasdengklok"  Ucap Wawan, kepada Jurnalis Nuansa Metroetro, Rabu (19/01/2022).

Lebih lanjut Wawan mengungk bahwa dengan adanya Proyek U-ditch yang berada didusun Karajan A desa kertasari diduga asal jadi saja, pasalnya pemasangan U-ditch yang tidak rapih dengan ketinggian melebihi badan jalan.

"Sepengetahuan saya seharusnya pemasangan U-ditch itu setara dengan jalan atau lebih rendah dari jalan, jadi air gampang mengalirnya ke saluran yang sudah dibuat itu, ini mah malah tinggian U-ditchnya gimana air mau mengalirnya kalo tidak ada lubang pembuangannya,"  Lanjutnya.

Ditempat yang berbeda, Novi salah seorang warga desa Rengasdengklok Selatan mengatakan, banjir juga merendam puluhan rumah di dusun Bojong Tugu I RT 012 desa Rengasdengklok Selatan, karena tidak adanya saluran pembuangan air di dusun Bojong Tugu I RT 012 ini.

"Seperti inilah setiap musim hujan, kami selalu mengalami kebanjiran karena tidak adanya saluran pembuangan air, ditambah adanya pengurugan dibelakang dusun Bojong Tugu I ini jadi bertambah parah,"  Ungkap Novi.

Foto : Banjir di jalan dari Arah Bosowa menuju Pasar Rengasdengklok.

Novi juga berharap kepada pemerintah kabupaten Karawang dan dinas terkait, agar segara mencarikan solusi untuk penanganan banjir di seluruh wilayah kecamatan Rengasdengklok.

"Saya berharap kepada pemerintah kabupaten Karawang dan dinas terkait agar bisa menangani banjir yang setiap tahun terjadi di seluruh wilayah kecamatan rengasdengklok,"  pungkasnya. (Asep K)