= Manfaatkan Hari Libur, Pemdes Kutajaya Kecamatan Kutawaluya Melaksanakan Kerja Bakti - Nuansa Metro

Manfaatkan Hari Libur, Pemdes Kutajaya Kecamatan Kutawaluya Melaksanakan Kerja Bakti


Foto : Aparatur Pemdes Kutajaya saat membersihkan eceng gondok.

 www.nuansametro.co.id - Kutajaya
Lingkungan merupakan salah satu tempat yang wajib harus dijaga serta wajib untuk dilestarikan keberadaannya. Menjaga kebersihan lingkungan adalah tugas bersama semua pihak dan lapisan masyarakat, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Kades Desa Kutajaya Deni Lusmana  beserta jajaran pemerintah Desa Kutajaya memanfaatkan hari libur pemerintahan desa, dengan melaksanakan giat kerja bakti di lingkungan wilayah Desa Kutajaya.

Deni Lusmana saat dimintai keteranganya oleh awak media terkait dengan adanya kerja bakti sosial yang di laksanakan di Desa Kutajaya tersebut menyampaikan, bahwa tujuan terpenting dari adanya kerja bakti ini adalah untuk menciptakan kerukunan, kebersamaan, dan gotong royong antar warga dengan pemerintah Desa.

Lanjut Kades, adapun manfaat dari kerja bakti tersebut, lingkungan 
menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat, serta untuk mengantisipasi penyebaran sumber penyakit, contohnya seperti malaria dan  demam berdarah.

"Akan tetapi jika lingkungan bersih serta tidak kotor, maka dengan secara tidak langsung itu akan mengurangi tempat-tempat bersarangnya nyamuk-nyamuk serta tentunya akan terlibat lebih rapi",  ujarnya.

Kegiatan kerja bakti ini sebenarnya tak lepas dari arahan Pemerintah Daerah  Karawang, yang menyampaikan langsung kepada Camat, agar semua Camat mengerahkan Kades dan Lurah se - Kabupaten Karawang yang bekerjasama dengan TNI dan POLRI serta masyarakat, untuk melaksanakan gotong royong serta bersih-bersih di wilayahnya masing masing,l.

"Salah satunya bersih-bersih saluran irigasi /sungai dari eceng gondok dan rumput - rumput liar, yang nantinya akan menyumbat aliran arus sungai agar tidak menyebabkan banjir,"  imbuhnya.

Menurut Deni, arahan Pemda terkait untuk kebutuhan alat-alatnya kita bisa bekerja sama dengan Dinas UPTD PUPR, PJT atau DLHK demi Terciptanya kelancaran pelaksanaan kerja bakti.

Di tempat yang sama Ajat yang biasa di sapa H. Boyo menyampaikan kepada awak media, kegiatan kerja bakti pada hari Minggu (16/01/2022) ini, lokasi di wilayah dusun Bedeng RT 005 sampai dengan RT 007 dengan jarak panjang kurang lebih 400m² .

Apartur pemerintahan desa yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah, semua jajaran Kepala Dusun, Ketua RT, dan Jajaran anggota Linmas, 
serta pegawai lainya, dan untuk kordinator kerja bakti ini diketuai oleh Kasie Kesra Desa Kutajaya.  (Asep Supriatna)