= Aliansi Sunda Karawang Ancam Kepung Gedung DPR, Bila Arteria Dahlan Tak Dipecat dari Anggota DPR RI - Nuansa Metro

Aliansi Sunda Karawang Ancam Kepung Gedung DPR, Bila Arteria Dahlan Tak Dipecat dari Anggota DPR RI


Foto : Nace Permana bersama Ketua DPRD Karawang saat berorasi diatas mobil komando, Jum'at (21/1/2022).

www.nuansametro.co.id - Karawang
Ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Sunda Karawang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Karawang, Jumat (21/1/2022).

Dalam aksi unjuk rasa itu mereka menuntut agar Arteria Dahlan dipecat dari Anggota DPR RI, karena menyinggung suku Sunda dan memicu perpecahan bangsa.

Ketua Aliansi Sunda Karawang, Nace Permanan, mengungkapkan ada sebanyak 5.000 massa, saat aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Karawang, ada dari berbagai elemen masyarakat, Ormas, LSM, Paguyuban, Karang taruna, komunitas seniman, budayawan dan tokoh Sunda se Kabupaten Karawang, menuntut Arteria Dahlan di Pecat dari anggota DPRI.

"Karena Arteria sudah menghina bahasa Sunda, menyebarkan ujaran kebencian bahkan menyebarkan hoax,"  tegasnya.

Nace mengatakan, dalam aksinya itu menuntut Arteria Dahlan dipecat sebagai anggota DPR RI. Jika tidak ada respon juga dari Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI, maka akan kembali menggelar aksi besar-besaran di Gedung Sate Bandung.

"Hari ini serentak seluruh daerah aksi, jika belum ada respon juga akan dilakukan aksi gabungan di Gedung Sate,"  imbuh dia.

Foto : Nace Permana.

Ketua LSM Lodaya itu juga mengaku heran terhadap Arteria Dahlan yang mempermasalahkan penggunaan bahasa sunda oleh pejabat.

Padahal, banyak sekali pejabat menggunakan bahasa sunda dalam setiap kali rapat bahkan acara formal.

"Ada sentimen apa Arteria dengan orang sunda, kita lihat pak presiden Jokowi, pak Gubernur Jabar Ridwan Kamil saja gunakan bahasa sunda. Kenapa ini dipermasalahkan,"  jelas dia.

Bahkan kata Nace, jika semua usaha itu tidak juga ada respon. Maka akan dilakukan aksi di depan Gedung DPR RI seluruh masyarakat Sunda.

"Langkah dilakukan mulai disampaikan ke pimpinan partai untuk memecat beliau, lalu ke MKD jika engga digubris kita akan kumpulkan massa mengepung DPR RI,"  pungkasnya.

Ditengah-tengah aksi unjuk rasa, Ketua DPRD Karawang, H. Pendi Anwar beserta perwakilan anggota DPRD Karawang, mendatangi massa pengunjuk rasa, dan turut berorasi di depan massa pengunjuk rasa.  (Irfan)