= Sektor 2 Citarum Harum Berikan Inovasi Dengan Beternak Kelinci, di Wilayah Desa Sukapura - Nuansa Metro

Sektor 2 Citarum Harum Berikan Inovasi Dengan Beternak Kelinci, di Wilayah Desa Sukapura


Foto : Komandan Sektor 2 Citarum Harum Kolonel Kav. Sabri saat diwawancarai jurnalis Nuansa Metro, Senin (6/12).

www.nuansametro.co.id - Pacet
Dalam pelaksanaan tugas dan pelaksanaan program Citarum Harum, anggota Sektor 2 Citarum Harum melaksanakan kegiatan Sosialisasi kepada masyarakat wilayah Sektor 2, khususnya tentang beternak kelinci  dengan cara melaksanakan pembuatan Villa Kelinci bertempat di Kampung Argasari Desa Sukapura Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Senin (06/12/2021).

Adapun maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi kepada masyarakat adalah, untuk membuat inovasi dengan cara meningkatkan nilai ekonomi dengan cara beternak kelinci dengan memanfaatkan lahan yang sempit, disamping menghasilkan bibit anakan Kelinci, juga dapat memanfaatkan kotoran kelinci menjadi pupuk organik.

Kegiatan tersebut telah berjalan kurang lebih empat Minggu dari pembuatan Villa Kelinci hingga penempatan bibit dalam Kandang.

Kegiatan ini juga melibatkan personel Satgas sebanyak 3 orang dan dibantu warga sebanyak 2 orang.  Villa Kelinci tersebut dibuat sebanyak 50 kandang dengan ukuran masing-masing kandang seluas 50 cm X 80 cm, dan tinggi kandang 50 cm. Bibit kelincinya pun sudah disiapkan sebanyak 50 ekor kelinci.

Setelah berjalan empat Minggu, Sektor 2 Citarum Harum telah menambah 40 kandang kelinci, untuk meningkatkan hasil guna mengejar target dari beternak kelinci, dengan pangsa pasar terutama bandar sudah siap menampung 1000 ekor kelinci per hari.

Sedangkan, masyarakat atau peternak kelinci dari Desa Sukapura baru bisa memenuhi kebutuhan 200 ekor per hari. Masyarakat di wilayah Kampung Argasari Desa Sukapura, sangat antusias dengan program Villa Kelinci yang telah diprogramkan Sektor 2 Citarum Harum. 

Ketika di konfirmasi lewat WhatsApp, Komandan Sektor 2 Citarum Harum Kolonel Kav. Sabri, mengatakan, Sektor 2 Citarum Harum telah melaksanakan pembuatan Villa Kelinci dan mengembangkan beternak kelinci, guna membantu meningkatkan perekonomian warga.

"Khususnya di wilayah Sektor 2 Citarum Harum, tepatnya di Kampung Argasari Desa Sukapura Kecamatan Pacet"  ucap Dansektor 2 Citarum Harum.  (Pur/Dms)