= Rencana Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak 6-11 Tahun, di Mulai Hari Ini - Nuansa Metro

Rencana Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak 6-11 Tahun, di Mulai Hari Ini


Foto : Ilustrasi suntik vaksin covid-19.

www.nuansametro.co.id - Jakarta
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa, (14/12/2021). Hal ini disampaikan Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian RI dr Maxi Rein Rondonuwu.

Maxi mengatakan, vaksinasi COVID-19 dengan jumlah sasaran mencapai 26,8 juta anak, akan dilakukan secara bertahap hingga tahun depan.

"Kami harapkan hari Selasa (14/12) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah, yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak dari usia 6 sampai 11 tahun," ucapnya pada Minggu (12/12/2021), seperti dilansir dari situs Kemenkes RI.

Pelaksanaan vaksinasi ini sesuai dengan Instruksi Presiden, untuk segera melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Selain itu, Kemenkes juga telah mengantongi rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun.

Vaksin yang digunakan untuk sementara adalah Sinovac, karena sudah mendapatkan Emergency Use Autorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

"Ada 6,4 juta dosis untuk Desember dan kemudian Januari 2022 akan ada tambahan vaksin Sinovac dari Dirjen Farmalkes dan sudah datang, sehingga ini (vaksinasi untuk anak) tidak akan putus,"  jelas Dirjen Maxi.

Sebelumnya pemerintah berencana memulai program vaksinasi anak pada 24 Desember 2021. Hal tersebut menjadi salah satu poin dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.66 Tahun 2021.  (Rls/Zul)