= Polwan Cantik Berprestasi AKP Rita Sorcha Yuliana, di Mutasi Ke Polda Metro Jaya - Nuansa Metro

Polwan Cantik Berprestasi AKP Rita Sorcha Yuliana, di Mutasi Ke Polda Metro Jaya


Foto : AKP Rita Sorcha Yuliana S.I.K., M.M.

www.nuansametri.co.id - Mataram
Beberapa waktu yang lalu, dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor : ST/2604/XII/KEP.2021 yang dikeluarkan Mabes Polri pada tanggal 24 Desember 2021, Nama Polwan Cantik AKP Rita Sorcha Yuliana S.I.K., M.M. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Lombok Timur, Polda NTB dimutasikan ke Polda Metro Jaya.

Menyikapi hal tersebut, ia menjelaskan bahwa mutasi yang terjadi ditubuh institusi Kepolisian itu merupakan ha yang lumrah terjadi. Menurutnya pemindahan dirinya atau pejabat lainnya di lingkungan Kepolisian yang dilakukan oleh pimpinan Polri memang sebagai langkah penyegaran di dalam instansi Kepolisian.

“Bagi saya pribadi, hal ini menjadi tantangan baru dalam memberikan pelayanan Kepolisian untuk masyarakat di Ibu Kota. Insyaallah saya siap dan Ikhlas,” ungkap AKP Rita Sorcha Yuliana S.I.K., M.M. saat ditemui di kantornya, Rabu (29/12).

Polwan Cantik Polda NTB yang sempat viral lantaran kemahirannya dalam berbahasa mandarin tersebut, diketahui selama berkiprah di institusi Kepolisian kerap menorehkan Prestasi yang membanggakan.

Salah satunya yakni pada tahun 2018 silam ketika ia menjadi satu – satunya perwakilan Polisi Indonesia yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Kota Beijing, Negara Republik Rakyat Cina.

Program tersebut merupakan spesialis bahasa mandarin yang diikuti oleh kurang lebih 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia serta Afrika. Disna ia mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) dalam ujian standardisasi kemahiran berbahasa mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3, justru ia mendapatkan HSK level 4 yang melebihi target.

Sedangkan selama dirinya berdinas di Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, tercatat ia sempat bertugas di Subdit IV Dit Reskrimum Polda NTB, disana ia berhasil mengungkap kasus striptis Metzo di kawasan pariwisata Sengigi, kemudian ia mendapatkan promosi jabatan sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Barat dan terakhir menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Timur.

Dalam kariernya sebagai Kasat Lantas beberapa kali ia telah menorehkan prestasi dengan melakukan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat salah satunya yakni dengan menginisiasi pembuatan gerai vaksin di layanan Satpas SIM Polres Lombok Timur yang Pertama di Indonesia. Sehingga program tersebut menjadi role model untuk seluruh jajaran Kepolisian RI.

Hal itu juga membuat dirinya diganjar penghargaan oleh Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) yang saat itu dijabat oleh Irjen Pol. Mohammad Iqbal dalam peringatan Hari Jadi ke-73 Polwan yang berlokasi di Tribun Lapangan Bhara Daksa Polda NTB.  (Rls/NP)