= Gelaran Napak Tilas 912 'Ngarumat Jagad Rawagede', Berakhir Sukses - Nuansa Metro

Gelaran Napak Tilas 912 'Ngarumat Jagad Rawagede', Berakhir Sukses


Foto : Panitia pelaksana gelaran Ngarumat Jagad Rawagede, Kang Rere saat akan penanaman pohon bersama MKB.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Rangkaian demi rangkaian acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut akhirnya berakhir. Beberapa kegiatan di lakukan dalam acara Napak Tilas 912 Ngarumat Jagad Rawagede tersebut di hari pertama digelar dengan Doa bersama dan tabur bunga, Penanam pohon dan pembagian bibit pohon kepada masyarakat.

Selanjutnya, diskusi budaya dan lingkungan hidup, Pagelaran seni dan budaya, Edukasi binatang melata, Gelar buku anak anak, Kirab Bendera Merah Putih, Arak-arakan, Pajang Pusaka, dan Lomba permainan anak jaman dulu, Santunan anak yatim hingga Vaksinasi Covid-19 gratis untuk masyarakat, digelar pada acara tersebut.

Tampak hadir dalam acara hari pertama tersebut Bupati Karawang Dr Hj Cellica Nurrachadiana, Dandim 0604 Karawang Letkol Kav Makdhum Habiburrahman S.Sos, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, SH, S.I.K, MH, Selain memberikan sambutannya mereka juga melakukan Doa dan tabur bunga bersama di makam korban pembantaian Rawagede.

Dilanjut dengan penanaman bibit pohon bersama Camat, Kapolsek serta Danramil Kecamatan Rawamerta, Kepala Desa Balongsari serta seluruh panitia dan komunitas yang hadir, penanaman di laksanakan di area Makom Jaka Tingkir.

Panitia acara Ngarumat Jagad Rawagede, Kang Rere menerangkan, bahwa kegiatan yang di buat oleh Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) ini, di ikuti oleh ratusan komunitas paguyuban dan organisasi dan beberapa Media pendukung. Acara Napak Tilas 912 ini juga, merupakan kegiatan tahunan yang di lakukan MKB.

"Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini selalu digelar di Plaza Pemda Kabupaten Karawang. Namun untuk kali ini kegiatan di gelar di Monumen Rawagede, sekaligus untuk mengenang tragedi yang terjadi 74 tahun silam. Dimana terjadinya pembantaian masyarakat oleh tentara Belanda, yang menewaskan sekitar 431 warga sipil dengan cara yang keji dan kebetulan juga bertepatan dengan tanggal 9 Desember," ungkap ketua panitia kegiatan yang akrab di sapa Kang Rere ini.

Rere menambahkan, tujuan kegiatan ini digelar adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama, kelompok masyarakat serta membangun komitmen semua kelompok untuk konsisten merawat Alam budaya serta lingkungan hidup dan menjaga kondusifitas Kabupaten Karawang.

"Banyak kelompok Komunitas, Paguyuban, Organisasi dan masyarakat sangat berantusias dalam berperan serta dalam kegiatan Napak Tilas ini. Terbukti menunjukan bahwa masyarakat Karawang, sesungguhnya sangat guyub rukun dalam semangat kegotong-royongan, betapa kuat dalam kebersamaan dan persaudaraan."  Ujarnya.

Menurutnya, selain memberi wawasan pada masyarakat, kegiatan ini juga memberi dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat di sekitar lokasi kegiatan terlihat lapak dagang dan warung warga setempat tampak ramai dikunjungi para peserta kegiatan pada puncak acara, Sabtu (11/12/2021) kemarin.

Terlihat hadir didalam acara kegiatan Napak Tilas, anggota legislatif DPRD Kabupaten Karawang Pipik Taufik Ismail, Sekda Kabupaten Karawang H Acep Jamhuri dan maestro Drumer Indonesia Gilang Ramadhan.

Foto : Sekda Pemkab Karawang Acep Jamhuri saat bersama anggota DPRD Karawang Taufik Ismail dan Maestro Drumer Gilang Ramadhan.

"Kami atas nama seluruh panitia mengucapkan Banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan Napak tilas 912 Ngarumat Jagad Rawagede, sehingga rangkaian  kegiatan ini bisa di laksanakan dengan aman dan lancar"  imbuhnya.

Rere berharap dalam kegiatan Napak Tilas 912 Ngarumat Jagad ini bisa menjadi agenda tahunan, mengingat Rawagede juga merupakan aset sejarah kabupaten karawang.  (Jhon/Oya)

Posting Komentar untuk "Gelaran Napak Tilas 912 'Ngarumat Jagad Rawagede', Berakhir Sukses"