= Dinsos Karawang Salurkan BLT Untuk Penanganan Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Karawang - Nuansa Metro

Dinsos Karawang Salurkan BLT Untuk Penanganan Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Karawang


www.nuansametro.co.id - Karawang
Dinas Sosial Kabupaten Karawang melaksanan pendistribusian penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) untuk penanganan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Karawang Tahun 2021.

Pada tahun 2021 ini pemerintah menargetkan penanggulangan kemiskinan di masing-masing lima kabupaten di tujuh provinsi prioritas. Salah satunya adalah Kabupaten Karawang, karena Kabupaten Karawang ditetapkan sebagai salah satu wilayah yang masuk kedalam daerah memiliki penduduk dengan status kemiskinan ekstrem tahun 2021.

Dengan tingkat kemiskinan ekstrem 4,51 persen dan jumlah penduduk miskin ekstrem yang berjumlah 106.780 jiwa. Terkait itu, pemerintah daerah Kabupaten Karawang memberikan tambahan BLT untuk rumah tangga miskin ekstrem dengan menggunakan data KPM (keluarga penerima manfaat) yang bersumber dari APBD Kabupaten Karawang. 

Bantuan yang disalurkan kepada masyarakat bersumber dari APBD 1 sebesar 400 ribu dan dari APBD 2 sebesar Rp 400 ribu total keseluruhan berjumlah Rp 800 ribu per KPM, kali ini dilaksanakan diwilayah Kecamatan Batujaya berlokasi di candi jiwa Kamis (30/12) pagi sampai dengan selesai, untuk disalurkan kepada masyarakat Kecamatan Batujaya yang sudah terdata ada sekitar 1.984 KPM tersisa 84 KPM yang tidak disalurkan.

Dari jumlah 1.984 KPM tersebut yang tersalurkan ada sekitar 1.900 KPM serta sisanya ada sekitar 84 KPM, Penyuluh Sosial Dinas Sosial Kabupaten Karawang Drs. Asip suhenda M,Pd.,MM saat memonitoring penyaluran BLT untuk penanganan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Karawang Tahun 2021 tersebut dirinya menjelaskan kepada awak media online www.nuansametro.co.id

"Jadi begini Kang, dengan adanya 84 jumlah KPM yang tidak disalurkan, menurut infomasi yang bersumber dari keterangan TKSK dan PSM yang tidak tersalurkan, dikarena kan dari 84 penerima bantuan langsung tunai berada diluar kota serta membawa semua anggota keluarganya.

Dan rata-rata mereka yang sudah tinggal diluar kota bekerja sebagai kuli menggali kubur di daerah Tanah Kusir Jakarta, dan ada pula sebagian mereka sebagai pemulung dan tinggal di emperan Jakarta." Tandasnya.

Selama kegiatan pelaksanaan penyaluran BLT Dinas Sosial bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Puskesmas Batujaya menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang datang terutama yang belum mendapatkan vaksin Covid-19, agar terlebih dahulu melakukan Vaksin.  (Oya/Jhon)