= Ketua DPD IPJI Jabar : "Untuk Menghindari Tuduhan Mengganggu Kinerja, Profesionalisme Jurnalis Dibutuhkan Saat Menjalankan Tugas" - Nuansa Metro

Ketua DPD IPJI Jabar : "Untuk Menghindari Tuduhan Mengganggu Kinerja, Profesionalisme Jurnalis Dibutuhkan Saat Menjalankan Tugas"


Foto : Acara talk show Gunem Catur yang dilaksanakan di aula Desa Sekarwangi, Soreang Bandung, Kamis (25/11/2021).

www.nuansametro.co.id - Bandung
Bertemakan "Menakar Masalah Yang Dihadapi Kepala Desa Terpilih dan Mantan Kades, Pasca Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bandung" yang digelar Kantor Berita CLN, dalam acara Gunem Catur bertempat di aula Desa Sekarwangi, Soreang Bandung, Kamis (25/11/2021) mendapat apresiasi dari Ketua Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) DPD Jawa Barat, Ai Mulyani.

Dalam sambutannya Ai Mulyani yang biasa di sapa bunda, mengajak seluruh jurnalis untuk lebih profesional dalam menjalankan tugasnya, supaya tidak dianggap menganggu kinerja pemerintah desa. Terutama bagi jurnalis yang sering melakukan liputan di desa-desa.

Sementara itu  Firmansyah Lesmana S.Ip, Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Bandung selaku nara sumber dalam acara tersebut  menguraikan peran fungsi BPD.

Kata Firman, BPD memiliki fungsi dan tugas yang sangat strategis dan penting, dalam tahapan perencanaan dan penganggaran di Desa. Tahapan perencanaan dan penganggaran di Desa merupakan kegiatan utama penyelenggaraan pemerintahan Desa dalam memenuhi pelayanan bagi segenap masyarakat yang ada di Desa.

"Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berperan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat di desa. Lebih-lebih sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa"  ujar Firman.

Firman Menjelaskan, BPD mempunyai tugas, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa;, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa; dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Masih di tempat yang sama Dedy M Bram, Plt Ketua APDESI Kabupaten Bandung mengatakan, APDESI akan turun ketika ada permasalahan yang terjadi pada Kepala Desa.

Ia mengungkapkan, selama dirinya menjabat dua periode sebagai kepala desa dan kini masuk ke periode ketiga, ketika menjalankan pemerintah desa sesuai dengan ketentuan perundang undangan, tidak pernah ada masalah.  

Acara talk show yang di pandu Lili Guntur ini, di hadiri dari berbagai kalangan, hadir dalam acara tersebut , para jurnalis kabupaten Bandung, Asosiasi BPD dan Inspektorat. ( Dimas / Purwa )

Posting Komentar untuk "Ketua DPD IPJI Jabar : "Untuk Menghindari Tuduhan Mengganggu Kinerja, Profesionalisme Jurnalis Dibutuhkan Saat Menjalankan Tugas""