= Hajat Bumi Yang Digelar Turun Temurun Setiap Bulan Muharram di Dusun Boled Belendung, Berlangsung Lancar - Nuansa Metro

Hajat Bumi Yang Digelar Turun Temurun Setiap Bulan Muharram di Dusun Boled Belendung, Berlangsung Lancar


Foto : Warga Dusun Boled Desa Belendung Kecamatan Klari Kabupaten Karawang saat menggelar acara Hajat Bumi, Minggu (28/11).

www.nuansametro.co.id - Karawang
Warga Dusun Boled Desa Belendung Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, pada hari Minggu (28/11/2021) menggelar tradisi Hajat Bumi. Kegiatan turun temurun yang usianya sudah ratusan tahun yang digelar setiap bulan Muharram, dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur warga atas berkah yang diterimanya.

Ngaruwat bumi adalah ungkapan syukur atas hasil yang diperoleh dari bumi, ruwatan bumi juga disebut hajat bumi, menggenapi rangkaian upacara yang digelar seperti, upacara hajat solok, Mapag Cai, mitembiyan, netepkeun, nganyarkeun, hajat wawar, ngabangsar, dan kariaan atau hiburan odong-odong pimpinan Amin Group.

Seperti tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun, Hajat Bumi selalu melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Dari serangkaian yang menyertai Hajat Bumi di Desa Belendung, puncak kegiatannya adalah tawasul serta berdoa di Makom Singaderpa yang keberadaannya di Dusun Boled RT 02 RW 04 yang dipimpin oleh ustadz Abdul Rohman.

Selain warga yang hadir, terlihat dilokasi tamu kehormatan sesepuh Dusun Boled Wakil Darsa dan rombongan dari Saung Dalem Cipta Rasa Desa Dawuan Cikampek yang dibawah pimpinan Raden Sugiri hadir dalam acara sakral tersebut. (Jhon/Oya)

Posting Komentar untuk "Hajat Bumi Yang Digelar Turun Temurun Setiap Bulan Muharram di Dusun Boled Belendung, Berlangsung Lancar"