= Dankodiklatad Pimpin Acara Penerimaan Pasukan, Dalam Rangka Latihan Ancab BTP 13 Kartika Yudha TA 2021 - Nuansa Metro

Dankodiklatad Pimpin Acara Penerimaan Pasukan, Dalam Rangka Latihan Ancab BTP 13 Kartika Yudha TA 2021


Foto : Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. selaku Komandan Latihan Ancab BTP 13 Kartika Yudha.

www.nuansametro.co.id - Bandar Lampung
Setelah selesai melaksanakan Latihan Geladi Posko I di Mako Brigif R 13/1/Kostrad, pelaku latihan Ancab BTP 13 Kartika Yudha TA 2021 melaksanakan pergeseran pasukan dan material menuju Daerah Latihan Puslatpur Kodiklatad, Baturaja. 

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. selaku Komandan Latihan Ancab BTP 13 Kartika Yudha memimpin Acara Penerimaan Pasukan yang diikuti oleh 2.953 orang prajurit pimpinan Komandan Brigif Raider-13/1/Kostrad Kolonel Inf Herry Purwanto, S.Sos. di Lapangan Saburai 043/Gatam, Kamis (4/11/2021) 

Di hadapan para prajurit yang berasal dari berbagai kecabangan TNI AD ini Dankodiklatad menegaskan, bahwa tugas pokok prajurit adalah bertempur dan di masa damai tugasnya adalah belajar dan berlatih. Latihan merupakan pembinaan satuan guna mendukung tugas pokok dan sangat diperlukan oleh setiap prajurit untuk meningkatkan profesionalisme. Hanya prajurit yang dilatih dan terlatih dengan baik, yang mampu melaksanakan tugas dengan maksimal. 

Latihan Ancab ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur, mulai dari tingkat perorangan sampai dengan kerja sama dalam Brigade Tim Pertempuran (BTP). 

“Melalui latihan ini, diharapkan tercipta kerjasama antar kecabangan dalam dukungan pelaksanaan operasi serangan guna menerapkan teknik dan taktik dalam operasi di daerah pertempuran sesungguhnya”jelasnya.

Lebih lanjut, Dankodiklatad mengingatkan, penyelenggara dan pelaku latihan tentang pentingnya memperhatikan faktor keamanan, baik personel maupun materiil sehingga tidak ada kecelakaan maupun kerugian selama pelaksanaan latihan.

“Kepada pelatih dan pendukung, berikan penilaian obyektif sebagai bahan evaluasi ke depan, bekerja dengan hati, bersikap profesional dan juga selalu bersyukur” tambahnya.

Setelah kegiatan penerimaan ini Dankodiklatad menggunakan helikopter Bell 412 VIP Penerbad menuju daerah latihan Puslatpur Kodiklatad, Baturaja untuk meninjau pelaksanaan latihan pertama terjun taktis Operasi Linud Batalyon Infanteri 305/ Tengkorak yang dilaksanakan oleh 188 peterjun menggunakan pesawat angkut TNI AU yaitu 2 pesawat CH-130 Short Body dan 2 pesawat CN-295. Keesokan harinya akan kembali dilanjutkan penerjunan gelombang kedua di Dropping Zone milik Puslatpur Kodiklatad. 

Turut hadir mendampingi Dankodiklatad yaitu Pangdivif-1/K, Danpuslatpur serta Dirlat Kodiklatad.
(Rls/Purwadhi-JSI)

Posting Komentar untuk "Dankodiklatad Pimpin Acara Penerimaan Pasukan, Dalam Rangka Latihan Ancab BTP 13 Kartika Yudha TA 2021"