= Program Rulahu Pemkab Karawang, Belum Sepenuhnya Dirasakan Oleh Masyarakat Miskin - Nuansa Metro

Program Rulahu Pemkab Karawang, Belum Sepenuhnya Dirasakan Oleh Masyarakat Miskin


Foto : Rumah tidak layak huni yang belum terjamah oleh Pemkab Karawang.

www.nuansametro.co.id - Karawang Upaya Pemerintah Dusun Bojong Tugu 1 RT/16 RW/03 Desa Rengasdengklok Selatan Kabupaten Karawang, untuk mensukseskan program stimulan bantuan bedah rumah bagi warga miskin atau tidak mampu dinilai belum maksimal. Hal itu mengingat masih banyaknya rumah warga yang belum layak huni masuk ke dalam kategori orang miskin, Selasa (5/10).

Padahal, di wilayah Desa Rengasdengklok Selatan cukup banyak rumah tidak layak huni yang belum tersentuh pembangunannya.
Salah satu contohnya, keluarga Suganda dan Acih  warga Dusun Bojong Tugu I Rt:16 RW 03 Desa Rengasdengklok Selatan,

Menurut Suganda, seharusnya ada keseriusan dari pemerintah desa, untuk mengerahkan tim perangkat desa untuk mendata rumah warga yang tidak layak huni masuk ke dalam program pemerintah kabupaten Karawang.

"Saya pernah memberikan persyaratan KK dan Poto kopi KTP, untuk di ajukan rutilahu. Namun sampai saat ini belum terealisasi,"  Ungkap Suganda.

Menurutnya, warga miskin yang masih menghuni rumah yang tidak layak huni, bisa tercover dengan bantuan rutilahu, asal ada keseriusan pejabat di tingkat RT dan kepala Dusun serta Kepala Desa nya.

Ia pun menyadari, bahwa banyak diantara warga yang sudah terdata tetapi belum memenuhi syarat, misalnya tidak memiliki data kependudukan dan lainnya. Namun ini PR bagi perangkat desa untuk pendampingan warganya dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Suganda berharap, agar aparatur  Pemerintah desa bisa menseleksi apa yang diajukan warganya terkait rutilahu.

"Selayaknya, aparatur desa tidak hanya menyandang jabatannya saja, akan tetapi mereka harus mementingkan warga yang benar-benar tidak mampu."  Tegasnya. (Abdul Rojak)