= Pola Komunikasi Kadis Kominfo Karawang Dengan Wartawan Lemah, Rawan Terhadap Pemerintahan Cellica-Aep - Nuansa Metro

Pola Komunikasi Kadis Kominfo Karawang Dengan Wartawan Lemah, Rawan Terhadap Pemerintahan Cellica-Aep


Foto : Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dan Aep Syaepuloh.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Pola hubungan antara pemerintah dan media massa sangat layak dijalankan, agar masyarakat bisa menerima informasi dengan jernih dan berimbang, dan pemerintah harus lebih melibatkan diri dalam dunia media massa.

Peran pers dalam pemerintahan sangat besar, baik dalam mewartakan agenda pemerintahan ataupun memberikan kritik kebijakan pemerintah. Hal itu diutarakan oleh aktivis Karawang, Andri Kurniawan berpendapat, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, khususnya Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), harus meningkatkan pola hubungan yang lebih baik lagi dengan kalangan awak media.

Menurutnya, sinergi antara pemerintah dengan media massa memang harus dijalin. Pemerintah sangat membutuhkan media yang berfungsi sebagai alat mensosialisasikan berbagai kebijakan publik dan pelayanan publik.

“Tanpa bantuan media, kinerja pemerintah akan sia - sia karena tidak banyak masyarakat yang mengetahui, dan memang benar - media sebagai alat informasi pemerintah, sebab jika pemerintah melakukan sosialisasi secara langsung, tentu akan membutuhkan tenaga, waktu dan biaya yang banyak, tapi cukup dengan media bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat,” ujarnya kepada nuansametro.co.id, Selasa (12/10).

Andri juga mengingatkan, agar Diskominfo Karawang lebih meningkatkan lagi pola komunikasi dan kerja sama, secara kemitraan dengan kalangan jurnalis, tanpa tebang pilih.

"Terus terang, perlu saya sampaikan, yang saya perhatikan selama ini, pola hubungan antara Diskominfo Karawang dengan jurnalis masih sangat lemah," ungkapnya.

Andri mengungkapkan, masih lebih bagus sewaktu dipimpin oleh Asep Aang, walau hanya sebatas Pelaksana tugas (Plt), tapi berbagai macam informasi soal capaian program kerja Pemkab Karawang tersampaikan kepada masyarakat melalui berbagai macam media massa.

"Namun semenjak pergantian kepimpinan dan diisi oleh Kepala Dinas (Kadis) definitif, terlihat pola komunikasi dan hubungan dengan kalangan media massa malah melemah. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya miskomunikasi berkaitan dengan beberapa persoalan yang akhir - akhir ini menjadi trending topik," Sesal Andri.

Foto : Kadis Kominfo Karawang, Wahidin.

Sebenarnya kata Andri, kalau Diskominfo Karawang efektif menjalankan fungsinya, akan terjalin hubungan yang baik antara pemerintah dengan kalangan media massa. Tetapi bukan berarti menghilangkan fungsi kritik yang konstruktif. 

"Kadiskominfo Karawang yang baru, harus cakap dalam memperbaiki hubungan Pemerintah daerah dengan kalangan awak media, yang kini terlihat kurang harmonis. Kalau komunikasi dan hubungan kadis Kominfo Karawang dengan kalangan wartawan lemah. Dan tidak buru-buru diperbaiki. Ini tentunya sangat rawan terhadap pemerintahan Cellica-Aep" Pungkasnya. (Irfan)