= Pemdes Sinarjati Majalengka, Realisasikan Pekerjaan Drainase Sesuai RAB - Nuansa Metro

Pemdes Sinarjati Majalengka, Realisasikan Pekerjaan Drainase Sesuai RAB


Foto : Kepala Desa Sinarjati, Dawuan, Majalengka, H. Aceng Aminudin.

www.nuansametro.co.id - Majalengka
Guna mencegah banjir, Pemerintah Desa Sinarjati, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, menggelontorkan dana sebesar Rp 74,55 juta bersumber dari dana Banprov TA 2021, untuk pembangunan saluran drainase. Sepanjang 220 meter drainase dibangun dilingkungan Blok Pajagan, Desa Sinarjati.

Kepala Desa Sinarjati, H Aceng Aminudin mengatakan, pembangunan saluran drainase tersebut sebagai upaya untuk mencegah genangan air, khususnya di musim penghujan. Selain itu rehab drainase ini diharapkan bisa menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.
 
"Pembangunan ini sebagai upaya untuk mencegah genangan air, bahkan antisipasi banjir. Sebab, Blok Pajagan termasuk dataran rendah. Serta diharapkan, kebersihan di lingkungan sekitar terjaga. Untuk itu, tahun ini kami tuntaskan pembangunan drainase sesuai RAB," jelas H Aceng Aminudin, (12/10/2021)

Leih lanjut, Kades menjelaskan, pihaknya membangun saluran drainase itu sepanjang 220 meter dengan alokasi anggaran sebesar Rp 74,55 juta dari anggaran dana Banprov TA 2021. Sedangkan, pelaksanaan pembangunan dilaksanakan dengan swakelola melibatkan warga Desa Sinarjati. 

"Alhamdulillah, pembangunan saluran drainase itu kami libatkan belasan masyarakat desa. Tujuannya agar pemanfaatan dana Banprov juga tersentuh langsung ke masyarakat. Selain itu, sebagai bentuk transparansi pengelolaan keuangan desa," imbuh Aceng.

H. Aceng Aminudin menerangkan pihaknya juga menganggarkan untuk upah harian orang kerja (HOK) secara rinci, upah untuk pekerja sebesar Rp 100 ribu/hari dan tukang Rp 135-150 ribu/hari.

"Swakelola ini kami melibatkan belasan masyarakat Desa Sinarjati. Jadi pengerjaan ini dilaksanakan oleh masyarakat dan untuk masyarakat," pungkasnya. (Soni WS)

Posting Komentar untuk "Pemdes Sinarjati Majalengka, Realisasikan Pekerjaan Drainase Sesuai RAB"