= Pastobak Akan Selalu Komitmen, Dalam Mengangkat Kesenian dan Kebudayaan Tradisional - Nuansa Metro

Pastobak Akan Selalu Komitmen, Dalam Mengangkat Kesenian dan Kebudayaan Tradisional


Foto : Ketua Umum Pastobak, Toni Rimansah

www.nuansametro.co.id - Karawang
Kesenian serta kebudayaan tradisional merupakan salah satu aset pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, yang harus tetap di jaga dan di lestarikan. Dalam setiap daerah pasti memiliki adat, kesenian, kebudayaan, serta tradisi yang selayaknya harus tetap di jaga dan di lestarikan oleh generasi ke generasi. 

Seperti halnya yang saat ini di lakukan oleh Paguyuban Seni Topeng Banjet Karawang ( Pastobak ) yang dalam programnya mengangkat adat  kesenian serta kebudayaan tradisional daerah.  

Dalam hal ini Ketua Umum Paguyuban Seni Topeng Banjet Karawang ( Pastobak ), Tomi Rimansah, S.IP memaparkan, adat kesenian dan kebudayaan tradisional yang telah berkembang sejak dahulu, harus tetap di jaga dan di pertahankan bahkan harus di lestarikan.

"Karena, adat kesenian dan kebudayaan tradisional daerah itu merupakan warisan dari nenek moyang terdahulu, yang memang seharusnya kita jaga dan pertahankan", Ujarnya.

Seperti halnya perayaan pesta bumi atau hajat bumi yang sudah sering di lakukan oleh masyarakat petani, sebagai salah satu bentuk acara dari perwujudan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa yakni Alloh SWT atas hasil bumi yang tumbuh baik, perkebunan maupun persawahan.

Tomi Juga menambahkan, pesta bumi atau hajat bumi termasuk salah satu dari program Pastobak, yang saat ini sedang di laksanakan dari desa ke desa dengan mengambil tema " Ngamumule Anu Geus Kapohokeun" dengan tujuan "Ngarapetkeun Anu Anggang, Ngahijikeun Anu Papisah".

"Dengan tema tersebut mengandung arti sebuah tekad untuk mempersatukan potensi Sumber Daya Manusia, yang ada serta untuk membangkitkan kembali adat dan kesenian tradisional salah satunya Seni Topeng Banjet untuk lebih maju lagi"  imbuhnya.

Menurutnya, Pastobak sudah hampir ada di 11 desa yang sudah dibentuk kerja sama dalam acara pesta bumi atau hajat bumi di desa-desa tersebut. 

Terkait hal tersebut Pastobak ikut membantu dan menjembatani di bidang seni hiburannya yaitu Kesenian Topeng Banjet.

Pastobak akan senantiasa hadir dalam membantu program acara pesta bumi atau hajat bumi sebagai salah satu program utama dalam mencintai warisan kesenian dan budaya daerah.

"Pastobak juga akan mendorong para Grup-grup kesenian khususnya seni topeng banjet untuk bisa mengisi hiburannya, yang memang bisa di katakan masih kental akan masalah buhunnya dalam melestarikan warisan budaya ini", Tutup Tomi. (Asep Supriatna)