= Ketua DPD J.P.K.P Karawang : "Katanya Penegak Perda, Kenapa Sat Pol PP Malah Ngoyo!!" - Nuansa Metro

Ketua DPD J.P.K.P Karawang : "Katanya Penegak Perda, Kenapa Sat Pol PP Malah Ngoyo!!"


Foto : PT Wangda Aneka Usaha.

www.nuansametro.co.id - Karawang
DPD Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (J.P.K.P) Kabupaten Karawang kecam keras mandulnya kinerja Satpol PP Karawang dalam menegakkan aturan terhadap PT Wangda Aneka Usaha.

Pasalnya, PT Wangda Aneka Usaha yang berlokasi di Kampung Cipaksa, Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan, disinyalir belum lengkapi perizinan. 

Bahkan perusahaan tersebut pernah disegel beroperasi oleh Satpol PP pada 22 September 2021 silam, namun seakan mengangkangi Pemkab Karawang, perusahaan tersebut disinyalir beroperasi kembali.

Ketua DPD J.P.K.P Kabupaten Karawang, Bambang Sugeng, mengatakan, bila benar PT Wangda belum mengantongi izin, selayaknya perusahaan tersebut disegel sampai dengan batas waktu perusahaan tersebut benar-benar memiliki kelengkapan izin sesuai aturan yang berlaku.

“Karena itu sudah melakukan pelanggaran apalagi kalau ada limbah yang ditimbulkan terhadap masyarakat sekitar perusahaan. Dalam hal ini Bupati harus berani bertindak tegas untuk menutup perusahaan yang belum memiliki izin,” kata Bambang kepada nuansametro.co.id, Senin (4/10/2021).

Bambang menegaskan, kalau memang instansi Satpol PP Karawang sudah melakukan penyegelan terhadap perusahaan tersebut, maka pihak perusahaan tidak diperkenankan membuka segel tersebut sampai benar-benar memiliki izin operasional. 

“Jangan sampai terjadi lagi perbuatan pembukaan segel oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Bambang menyampaikan, dahulu pernah ada kejadian di daerah Klari, segel yang dipasang oleh petugas Satpol PP dibuka oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dari pihak Satpol PP setelah tahu hal tersebut dan dikonfirmasi, Satpol PP mengaku sudah melaporkan hal itu ke Polres Karawang, tetapi setelah dikonfirmasi ke Polres tidak ada laporan dari Satpol PP terkait perusakan segel tersebut.

"Kita lihat aja sampe sekarang, kasus pencabutan segel yang di pasang Pol PP yang terjadi di Klari itu. Kasus itu hilang begitu saja, tanpa ada proses selanjutnya"  tegas Bambang.

Foto : Bambang Sugeng, Ketua DPD J.P.K.P Karawang.

Untuk itu, tambahnya, perlu dipertanyakan kinerja Satpol PP, kenapa tidak berani melaporkan perusakan segel tersebut, apakah takut terhadap orang kuat dibelakang perusahaan tersebut atau ada faktor lainnya.

 "Kalau memang benar perusakan segel tersebut dilakukan oleh oknum pegawai perusahaan, berarti Pemkab Karawang betul dikentutin oleh perusahaan tersebut. Benar-benar sudah jatuh harga diri Pemkab Karawang," pungkasnya. (Fan/red).