= Sebanyak 12 Desa di Kecamatan Pedes, Mengikuti Kegiatan Monitoring dan Evaluasi - Nuansa Metro

Sebanyak 12 Desa di Kecamatan Pedes, Mengikuti Kegiatan Monitoring dan Evaluasi


Foto : Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di kantor Kecamatan Pedes.

www.nuansametro.co.id,- Karawang,-  Seluruh Kepala Desa beserta bendahara dan operator Desa se Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat, mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang di laksanakan oleh DPMD Kabupaten Karawang, bertempat di aula Kantor Kecamatan Pedes, Jum'at (10/9).

Kabid.Kelembagaan Desa Kabupaten Karawang, Candrawan saat di temui nuansa metro.co.id mengatakan, hari ini pihaknya melaksanakan Monev di dua Kecamatan, yaitu di Kecamatan Cibuaya dan di Kecamatan Pedes. 

Dalam monitoring ini pembinaan kepada pemerintah Desa dengan penyelenggaraan pemerintahan Desa secara umum dan penggalian potensi desa yang ada di desa masing-masing di Kecamatan Pedes ini, sehingga kita angkat dan di petakan sebagai bahan informasi kepada yang terkait untuk pembinaan selanjutnya"  ucap Candrawan.

Menurutnya, potensi apa yang ada di setiap desa nanti pembinaannya dari masing-masing dinas terkait, apakah koperasi, perindustrian,pertanian atau pariwisata. Intinya kaitan dengan evaluasi sebagai bahan informasi kepada pimpinan yang nanti melalui Bappeda sebagai bahan penyelenggaraan pembangunan di tingkat Desa.

Masih kata Candrawan untuk prioritas Monev ini, berkaitan dengan penyelenggaraan Dana Desa yang 8% mengenai penanganan Covid- 19, sejauh mana di desa-desa se Kabupaten Karawang untuk realisasinya. Untuk tindak lanjut mengenai Dana Desa untuk penanganan Covid-19 yang sudah di pakai oleh Kepala Desa terdahulu.

"Sekarang kan tidak menjabat lagi, kita nanti akan cari solusinya dengan mediasi di bantu dari pihak Kecamatan dan pendamping, yang penting harus ada komunikasi dan mediasi antara pemerintahan yang baru dengan yang lama seperti apa tindak lanjutnya, yang terpenting penyelenggaraan harus tetap terlaksana kita hindari jangan sampai tersandung ke ranah hukum"  ujarnya.

Kata Candrawan, pihaknya hanya mengumpulkan data-data terkait Dana Desa 8 persen keterkaitan dengan penanganan Covid- 19, ini dijadikan sebagai bahan laporan dari PMD ke pimpinan.

"Intinya bukan wewenang kita untuk menyelesaikan masalah, artinya kita hanya mengumpulkan data selanjutnya kita serahkan kepada yang terkait"  imbuhnya.

Candrawan juga menyarankan, untuk para Kepala Desa yang penting baca regulasi, dasar regulasi karena sebagai pelaku atau penyelenggara pemerintahan Desa tentunya regulasi itu yang paling mutlak yang harus di perhatikan dan di pedomani.

Sementara pendamping Desa Kecamatan Pedes, Ade Permana, SH menyambut baik apa yang di lakukan oleh DPMD dalam melaksanakan Monev, ini merupakan bentuk pembinaan dari segi Administrasi, sejauh mana desa sudah melakukan admistrasi desa, ini adalah hal positif sejauh mana penggunaan Dana Desa PPKM yang sudah di gunakan oleh pemerintahan Desa.

"Jadi, Monev ini selain di lakukan oleh pihak Kecamatan, dari Kabupaten pun melakukan monitoring tentang penggunaan PPKM 8% yang di gunakan dari Dana Desa tahun 2021, kita terus melakukan hal yang terbaik memediasi persoalan dengan permasalahan PPKM di Kecamatan Pedes"  papar Ade.  (Zis).

Posting Komentar untuk "Sebanyak 12 Desa di Kecamatan Pedes, Mengikuti Kegiatan Monitoring dan Evaluasi "