= Meluapnya Air di Saluran Induk TUB 14, PJT II Seksi Rengasdengklok Angkat Bicara - Nuansa Metro

Meluapnya Air di Saluran Induk TUB 14, PJT II Seksi Rengasdengklok Angkat Bicara


Foto : Meluapnya air irigasi di saluran induk TUB 14 Rengasdengklok, ke pemukiman warga dan ke area pesawahan.

www.nuansametro.co.id - Rengasdengklok
Meluapnya air irigasi di saluran induk TUB 14 Rengasdengklok ke pemukiman warga dan ke area pesawahan di keluhkan para petani, pasalnya meluapnya air yang cukup deras akan mengganggu aktivitas warga dan petani yang akan mengelola sawahnya. 

Dari kerusakan jebolnya tanggul diakibatkan debit air tinggi serta saluran dengan kondisi kedangkalan yang sudah tebal, sehingga mengakibatkan meluapnya air. 

Kaur Op (oprasional pemeliharaan) Seksi PJT II (perusahaan Jasa Titra II), Dedi Junaedi, saat dikonfirmasi nuansametro.co.id di kantornya mengatakan, membenarkan dengan adanya luapan air dari saluran induk irigasi TUB 14 Rengasdengklok. 

"Hal itu sudah kami tanggulangi sementara, yang sifatnya belum permanen. Itu diperbaiki secara manual dengan membendung tanggul, dengan karung tanah. Namun, memang belum maksimal, pekerjaan yang permanen membutuhkan anggaran yang cukup. Sehingga dalam Tahun 2021 pihak PJT II akan mengusulkan dalam perencanaan untuk lokasi titik rawan tanggul yang kritis"  ungkap Dedi.

Menurut Dedi, untuk penanggulangan itu sifatnya sementara, penanganan tanggul irigasi yang meluap dengan kondisi tanggul yang kritis dan darurat. Pihaknya dalam waktu dekat, akan berupaya segera melakukan pengerukan saluran.

Namun, dalam pelaksanaan pengerukan tersebut, kata Dedi mendapatkan kendala, karena banyaknya bangunan di sepanjang saluran. Hal tersebut tentunya membuat bingung pihak PJT, karena bangunan tersebut menyulitkan untuk pelaksanaan pengerukan, karena alat berat berupa Beko sulit untuk mengerjakan pengerukan. 

"Maka dari itu kepada warga yang menempati bangunan lahan pengairan, untuk memberikan jalan bagi alat berat (beko)"  ucap Dedi.

Lebih lanjut, Dedi mengungkapkan, meluapnya air disebabkan karena  kedangkalan sungai, termasuk kondisi tanggul yang kritis. Padahal pihaknya dalam pendistribusian air untuk kebutuhan petani hanya 33 kubik yang di kirim ke daerah Kecamatan Batu Jaya dan Pakis Jaya.

Foto : Kaur Op (oprasional pemeliharaan) Seksi PJT II (perusahaan Jasa Titra II), Dedi Junaedi.

Untuk wilayah Kantor Seksi PJT II Rengasdengklok pendistribusian air ke area sawah mencapai 45 ribu hektar dan pemeliharaan saluran induk irigasi secara rutin sepanjang 70 KM. Berawal dari bendungan pintu air Leuweung Seureuh Kecamatan Klari.

"Yang kami pelihara secara rutin kegiatannya seperti babad rumput, untuk penanggulangan pengerukan dan penurapan termasuk perbaikan saluran yang melalui pihak ke tiga (pemborong) itu semua urusan PJT II Jatiluhur"  pungkasnya. (ito)

Posting Komentar untuk "Meluapnya Air di Saluran Induk TUB 14, PJT II Seksi Rengasdengklok Angkat Bicara"