= Kementan RI Berikan Bantuan Sarana JUT Kepada Poktan Bakti Diri Desa Kalidung Jaya - Nuansa Metro

Kementan RI Berikan Bantuan Sarana JUT Kepada Poktan Bakti Diri Desa Kalidung Jaya


Foto : Pengerasan jalan usaha tani (JUT) di Desa Kalidung Jaya.

www.nuansa metro.co.id - Cibuaya
Kementan RI berikan bantuan sarana buat pertanian yaitu program JUT (jalan usaha tani) kepada kelompok Tani Bakti Diri Desa Kalidung Jaya Kecamatan Cibuaya. Bantuan yang bersumber dari anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus) tersebut, pelaksanaanya sudah selesai tanpa ada kendala.

Menurut Suminta Ketua poktan Bakti Diri pada saat dikonfirmasi nuansa metro.co.id, di lokasi pekerjaan JUT, Minggu (26/09/21) mengatakan, bahwa pelaksanaan JUT ini sudah rampung di laksanakan dengan pemadatan jalan melalui alat berat yang memakan waktu  tiga hari. 

"Kegiatan JUT ini merupakan bantuan dari kementan RI dengan anggaran mencapai 160 juta, dengan proses pencairan tiga tahapan, dengan ruas perbaikan jalan sepanjang 850 meter yang menghubungkan jalan ke desa Srikamulyan Kecamatan Tirtajaya"  Suminta.

Menurutnya, kelompok tani bersama masyarakat, petani khususnya di Desa Kalidung Jaya merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan JUT. Sebelum adanya pekerjaan JUT, para petani yang melintas ke jalan tanggul sulit beraktivitas. 

Namun, ketika jalan usaha tani ini selesai dalam pelaksanaanya, para petani sangat senang sekali, untuk produksi pertanian tidak ada lagi hambatan dan kecemasan yang selama ini berkaitan dengan jalan tersebut.

"Dulu sulit dilalui apalagi pada saat musim tanam dan panen raya tiba, kebutuhan jalan ini sangat diharapkan sekali untuk mendongkrak roda perekonomian" ucap Suminta. 

Suminta mengungkapkan, kelompok tani mengucapkan banyak terima kasih kepada UPTD pertanian kecamatan Cibuaya dan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Karawang. Yang sudah merespon keluhan petani selama ini. 

"Kami berharap, kegiatan ini terus berkelanjutan" harap Suminta.

Sementara itu Maryanto selaku PPL (petugas penyuluh lapangan) Desa Kalidung Jaya, mengatakan kegiatan JUT dalam aspek kemanpaatan sangat bermanpaat untuk para petani. Karena nya jalan tersebut merupakan jalan alternatif buat pertanian dan jalan ini dirasakan sangat bermanfaat. 

Dalam pelaksanaan kegiatan JUT yang dikerjakan oleh Poktan Bakti Diri sudah sangat baik pengerasan dan pemadatan dengan menggunakan alat berat, sehingga jalan tersebut tanah nya betul betul sudah padat dan stabil, 

Maryanto menyebutkan, untuk luas areal sawah yang terdata mencapai 525 Hektar. 

"Kami berharap, kepada pemerintah daerah dan pusat untuk kegiatan inspfrastruktur di Desa Kalidung Jaya masih cukup banyak yang belum tersentuh oleh program seperti hal perbaikan saluran RJIT (Rehabilitasi jaringan irigasi tersier)"  pungkas Maryanto.  (ito)

Posting Komentar untuk "Kementan RI Berikan Bantuan Sarana JUT Kepada Poktan Bakti Diri Desa Kalidung Jaya"