= Kades Kutajaya, Menggelar Pra Musrenbang di Kantor Desa - Nuansa Metro

Kades Kutajaya, Menggelar Pra Musrenbang di Kantor Desa


Foto : Acara pelaksanaan pra Musrenbang di desa Kutajaya, Kutawaluya, Karawang.

www.nuansametro.co.id - Kutawaluya
Kepala Desa Kutajaya Kecamatan Kutawaluya, Deni Lusmana melaksanakan kegiatan Pra Musrenbang yang di gelar di Aula kantor Desa Kutajaya. Acara tersebut di ikuti oleh Para Ketua RT, RW, BPD, LPM, Karang Taruna, PKK serta Stakeholder dan jajaran aparatur pemerintah desa, Sabtu (18/9/21).

Dalam sambutanya Kepala Desa Kutajaya, mengatakan, bahwa kegiatan  Pra Musrenbang ini sangat begitu penting sebelum Musrenbang yang akan di gelar pada hari Rabu (22/9/2021).

Menurut Deni, Musrenbang desa adalah forum rempug pemdes yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa, agar teridentifikasi dengan baik.

Serta untuk memberikan arah yang jelas atas tindakan yang layak menurut skala prioritas, yang di laksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi, yang dimiliki sebagai dasar program pemerintah desa dalam melaksanakan Penganggaran dan kegiatan tahunan.

Selain itu menurut Deni, kegiatan Pra Musrenbang ini untuk mengetahui apa saja yang lebih di prioritaskan, untuk tahun mendatang yang di lakukan oleh pemerintah desa untuk masyarakat banyak.

 "Agar bisa terinventarisir segala prioritas dan kegiatan yang di laksanakan oleh Pemerintah desa, melalui pembiayaan dari Bangub atau dana desa serta dari dana-dana bantuan lainya"  ucap Deni.

Terkait dalam hal ini Deni mengatakan, bahwa segala sesuatu yang menjadi persoalan/kewenangan daerah berupa usulan program/kegiatan yang akan di ajukan pembiayaannya melalui APBD Kabupaten atau APBD Provinsi.

"Kegiatan Musrenbang ini menggambarkan, bagaimana jajaran Pemerintah desa saling berdiskusi, untuk memecahkan masalah atau problem yang terjadi di masyarakat"  Ungkap Deni.

Kepala Desa Kutajaya juga menyampaikan, untuk jangka pendek pihaknya sedang bekerjasama dengan pihak DLHK Rengasdengklok, untuk pengelolaan sampah mandiri (TPA) di wilayah desa Kutajaya, sehingga sampah rumah tangga bisa di akomodir dan di kelola di setiap dusun, demi terciptanya lingkungan yang bersih agar bisa mengantisipasi timbulnya wabah penyakit.

Dan untuk selanjutnya pihak pemerintah desa Kutajaya juga bekerjasama dengan pihak UPTD Puskesmas Kutamukti, dalam menggalakan program pemerintah yaitu program vaksinasi untuk masyarakat yang saat ini terus di laksanakan.

"Kita juga nantinya akan membuat program di bidang keagamaan, yaitu dengan mengadakan pengajian-pengajian rutin serta majlis dzikir, yang nantinya akan di laksanakan di setiap dusun dengan melibatkan para tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Dengan harapan agar terciptanya satu masyarakat yang Madani yang ukhuwah Islamiyyah". Pungkasnya .

Selain itu, Kades Deni juga akan lebih fokus dalam memproritaskan pelayanan administrasi dalam wadah Pelayanan Satu Atap (Yantap) untuk masyarakat Desa Kutajaya. (Asep Supri)

Posting Komentar untuk "Kades Kutajaya, Menggelar Pra Musrenbang di Kantor Desa"