= Jelang HUT Ke 388 Tahun, Karawang Peroleh 3 Top BUMD Awards Sekaligus - Nuansa Metro

Jelang HUT Ke 388 Tahun, Karawang Peroleh 3 Top BUMD Awards Sekaligus


Foto : Karawang menyabet hattrick 3 penghargaan sekaligus.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Menjelang hari ulang tahunnya yang ke 388 Tahun, masyarakat Kabupaten Karawang benar-benar diberi kejutan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Kabupaten Karawang memperoleh 3 Top BUMD Awards sekaligus.  Hal ini diraih melalui 3 penghargaan, pertama, Bupati Karawang Hj. Cellica Nurrachadiana sebagai TOP Pembina BUMD 2021, Penghargaan Kedua, PDAM/PERUMDAM Tirta Tarum Karawang sebagai Top BUMD Awards 2021 #Perumda Air Minum memperoleh  Bintang 4 (★★★★), dan Penghargaan ketiganya adalah, Dr. M. Sholeh, Direktur Utama PERUMDAM TIRTA TARUM sebagai TOP CEO BUMD 2021. 

Penghargaan tersebut diterima di Hotel Raffles pada tanggal 10 September 2021. Hadir dalam kesempatan penerimaan anugerah BUMD terbesar di tanah air ini, adalah Plt Asisten Pembangunan Daerah, Ir. Hanafi MM yang mewakili Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Direktur Utama PERUMDAM Tirta Tarum Dr. H.M. Sholeh yang juga baru saja meraih gelar Doktor Ilmu Lingkungan UNS, serta Kabag Perekonomian dan SDA Ir. Hj. Sari Nurmiasih, MSi.

Adapun Awards ini merupakan kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar di Indonesia atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan terkait kinerja  bisnis, leadership, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. 

Kegiatan TOP BUMD Awards diselenggarakan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga termasuk Lembaga Kajian Nawacita (LMK) dengan melibatkan 10 Profesor, Doktor dan praktisi konsultan bisnis. Hadir juga Kepala Balitbang Kemendagri Agus Fathoni mewakili Mendagri Tito Karnavian dan beberapa pejabat teras lainnya.

Triple TOP BUMD Awards sekaligus 
tak tanggung-tanggung, Karawang menyabet hattrick 3 penghargaan sekaligus, sebagai Top Pembina BUMD 2021, TOP CEO BUMD 2021 dan TOP BUMD Awards Bintang 4 (★★★★) setelah menyisihkan 1.149 BUMD di Indonesia dan 172 BUMD terpilih yang lolos penilaian. 

Penilaian dilakukan secara obyektif dan komprehensif dipimpin oleh Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA. sebagai  ketua Dewan Juri dan sekaligus sebagai Presiden i-OTDA. Setelah melalui tahap penilaian yang panjang maka secara obyektif PDAM/PERUMDAM Tirta Tarum Karawang lolos dengan 3 kategori Top BUMD Awards tersebut.

Dalam perhelatan tersebut, selain dihadiri para pemenang dan Bupati/Walikota pemenang berbagai kategori, juga dihadiri secara virtual oleh Bapak Erick Thohir, BA, MBA. Menteri BUMN RI, sekaligus sebagai Keynote Speaker. 

Dalam sambutannya Menteri BUMN menyampaikan, bahwa BUMD-BUMD di seluruh Indonesia ini sebagai agen-agen pembangunan dan perekonomian bangsa, apalagi dimasa pandemi covid-19.  Dan secara khusus beliau menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas capaian para pemenang. 

BUMD Tahan Banting selama Pandemi
disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara M. Lutfi Handayani, MM. MBA. didapatkan fakta dari proses penilaian/penjurian bahwa selama pandemi Covid-19 ini, BUMD-BUMD terbaik ini tahan banting terhadap dampak krisis pandemi Covid-19, meskipun terjadi hampir 2 tahun.

Ini adalah hal yang patut disyukuri dan dibanggakan mengingat dampak perekonomian yang dahsyat, bahkan juga dampak sosial, budaya dan lain-lainnya.  Dengan event ini pula diharapkan ke depan terjadi synergy antara BUMN-BUMD, BUMD-BUMD dan BUMD-Swasta terkait peningkatan sesuai tupoksinya masing-masing.  

Beberapa BUMD yang masuk dalam kriteria penilaian adalah PDAM/PERUMDA Air Minum, BPR, Bank Pembangunan Daerah dan Rumah Sakit di berbagai kabupaten/kota/provinsi di seluruh Indonesia.

Anugerah 3 kategori Top BUMD melalui PERUMDAM TIRTA TARUM Karawang ini sekaligus menunjukkan bahwa sinergy antara BUMD-Eksekutif-Legislatif berjalan sangat baik dan on the track. Selamat kepada Kabupaten Karawang atas diraihnya tripe TOP BUMD Awards 2021.  

Semoga dengan mendapatkan tiga penghargaan sekaligus, Perumdam Tirta Tarum semakin meningkatkan kinerja dan layanannya serta memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Karawang khususnya. (rls/red)