= Asep Agustian : "Tidak Produktifnya Dinas Kominfo, Pengadaan Mobdin Pejabat Karawang Menjadi Bola Liar" - Nuansa Metro

Asep Agustian : "Tidak Produktifnya Dinas Kominfo, Pengadaan Mobdin Pejabat Karawang Menjadi Bola Liar"


Foto : Asep Agustian, SH. MH.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Pengadaan fasilitas mobil dinas yang digunakan pejabat di Kabupaten Karawang tak hanya menuai kritikan publik. Namun juga mengundang sejumlah Juru Bicara (Jubir) dadakan ramai di media sosial.

Pemerhati Kebijakan Pemerintah Kabupaten Karawang, Asep Agustian SH, MH menilai bahwa dengan bermunculannya Jubir dadakan di media sosial terkait permasalahan kebijakan pemerintah yang menuai polemik, membuktikan bahwa tidak efektifnya peran Dinas Kominfo maupun Humas Pemerintah Daerah terkait permasalahan yang menjadi sorotan publik.

"Seharusnya disini yang memiliki kewenangan untuk menjelaskan pejabat itu sendiri, bisa melalui humas maupun Diskominfo. Bukan Jubir dadakan, kecuali memang mendapatkan amanah atau kuasa dari pemerintah daerah," ucapnya.

Menurutnya, jikapun mendapatkan kuasa untuk menjadi juru bicara pejabat atau pemerintah daerah, itu harus berdasarkan aturan dan tidak sembarang.

"Kalau ujug-ujug jadi jubir semua orang juga bisa, tapi mekanismenya tidak seperti itu. Jubir yang dikuasakan harus melalui pengesahan dewan, lalu dia atas dasar apa jadi jubir, tidak sembarangan, jadi jubir itu harus ada mandat dan harus ada dasar hukumnya," tutur Askun.

Bagi Askun, jika setiap permasalahan baik kebijakan pemerintah daerah Karawang maupun sebuah pemberitaan yang ramai di masyarakat bukan dia (seseorang) yang memiliki kewenangan untuk meluruskan.

"Kalau dia yang menjelaskan, lalu apa tugas humas sama kominfo, kewenangan dia sebagai apa menjelaskan, kan bukan siapa - siapa kecuali memang ada mandat atau delegasi untuk memiliki kewenangan menjelaskan," tegas Askun.

Askun juga menyayangkan, setiap ada permasalahan atau kebijakan pemerintah daerah yang ramai di masyarakat, kenapa Kominfo atau Humas Pemkab tidak hadir, untuk meluruskan dan menjelaskan kepada masyarakat. Hal itu menandakan tidak produktifnya Dinas Kominfo Karawang.

"Masa setiap persoalan selalu menjadi bola liar. Kerja Kominfo atau Humas Pemkab Karawang Selama ini apa. Ini diduga akibat tidak produktifnya Dinas Kominfo atau Humas Pemkab Karawang"  ujarnya. 

Askun juga mengingatkan kepada pejabat yang ada di Pemkab Karawang, jangan pernah membeda-bedakan atau memilah-milah wartawan. Profesi yang namanya wartawan itu sama saja, mereka semua sama-sama memiliki media nya masing-masing.

"Saya juga mendapat informasi, seolah-olah wartawan yang satu dengan lainnya terkesan dibeda-bedakan. Kalau bener seperti itu, hmmm, tidak elok banget kedengerannya"  pungkasnya. (Fan/red)