= Serbuan Vaksinasi Covid-19 Wilayah Kodam III/Slw, Bekerjasama dengan Kodim 0624/ Kabupaten Bandung - Nuansa Metro

Serbuan Vaksinasi Covid-19 Wilayah Kodam III/Slw, Bekerjasama dengan Kodim 0624/ Kabupaten Bandung



Foto : Pelaksanaan vaksininasi bagi Santri Ponpes Al-Qur'an Al-Falah 1 dan masyarakat Kecamatan Cicalengka, Kamis (26/8/2021).

www.nuansametro.co.id,- Cicalengka
Kegiatan Serbuan Vaksin Covid-19 Wilayah Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan Kodim 0624/Kabupaten Bandung kepada Santri Ponpes Al-Qur'an Al-Falah 1 dan masyarakat Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, dilaksanakan di Ponpes Al Qur'an Al Falah I jalan Kapten.Sangun RT.03/RW.03 Desa Tenjolaya Kecamatan Cicalengka, Kamis (26/08/2021).

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Kodim 0624/Kabupaten Bandung dalam rangka Program Pemerintah Pusat 1 Juta Vaksin Satu hari. Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Ponpes Al Qur'an Al Falah telah diikuti kurang lebih 1290 orang dari yang ditargetkan sebanyak 2000 peserta vaksin.

Dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut dihadiri Komandan Kodim 0624/Kab.Bandung Letkol Arh Dhama Noviang Jaya, Komandan Koramil 2402/Cicalengka Kapten.Arm.Tedi Sopian, Kapolsek Cicalengka Kompol Aep Suhendi, 
Pasi.Ops.Dim.0624/Kab.Bandung Kapten Inf Toto Toha S, Pjs.Pasi.Intel.Dim.0624/Bandung Kapten Inf Mamat Ra'idin.

Acara tersebut juga dihadiri Camat Cicalengka H.Entang Kurnia, SE, Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat Wawan Setiawan, SH, MH, Kanit Satpol-PP Cicalengka Yuliani, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qur'an Al Falah K.H Mohammad Rifat Aby Syahid, Pengurus Pimpinan Staf Al Falah KH. Nanang, Kepala Puskesmas Cicalengka Hj dr.Yanti Padilah, Kepala Puskesmas Nagrog H dr Iwan, Kades Tenjolaya Mamad, SP, Kades Cicalengka Kulon H.Dedi, Para Pengurus, Staf Pengajar, Pembimbing Ponpes Al Falah, Pendam III/ Slw dan Pendim 0624/ Kabupaten Bandung.

Dalam pelaksanaan Serbuan Vaksin Kodam III/Siliwangi yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0624/Kab.Bandung didukung oleh Tenaga Medis sebanyak 40 orang dari STIKES Dharma Husada Kota Bandung dan para anggota Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat pimpinan Wawan Setiawan,SH,MH, Anggota Poskes Baleendah sebanyak 4 orang, serta Sakawira Kartika sebanyak 30 orang yang tergabung dari Sakawira Koraml CIcalengka, Koramil Cileunyi dan Koramil Ciparay Pimpinan Sertu Adi Prayitno (Anggota Koramil 2413/Cileunyi).

Komandan Kodim 0624/Kab.Bandung Letkol. Arh. Dhama Noviang Jaya, saat diwawancarai mengatakan, Kodim 0624/Kab Bandung bekerjasama dengan Kementrian Agama Republik Indonesia, termasuk dari Menwa dan adik- adik dari Saka Wira Kartika. 

"Saat ini sedang melaksanakan kegiatan vaksinasi di Pondok Pesantren Al Falah di Cicalengka, target vaksinasi dengan sasaran 2000 orang", kata Letkol. Arh. Dhama Noviang Jaya.

Menurutnya, disamping melaksanakan vaksinasi, pihaknya juga melaksanakan bakti sosial atau memberikan bantuan kepada Pondok Pesantren dengan memberikan Al Qur'an sebanyak 45 buah Al Qur'an dan Sarung sebanyak 50 sarung. 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi Pondok Pesantren, disamping meningkatkan Imun juga menambah semangat belajar bagi adik-adik Pondok Pesantren Al Falah Cicalengka ini.

"Terima kasih, semoga ke depannya kita, baik dari Kementerian Agama dan adik adik dari Resimen Mahasiswa dan adik adik dari Saka Wira Kartika, dapat menjalin sinergitas untuk membantu masyarakat terutama dalam rangka menghadapi pandemi  Covid-19, khususnya untuk melaksanakan vaksinasi dapat ditingkatkan lebih lanjut lagi dikemudian hari"  pungkas Komandan Kodim 0624/Kab Bandung.

Saka Wira Kartika sudah banyak melakukan beberapa kegiatan kemasyarakatan, kegiatan sosial, kegiatan kebencanaan, dimulai dari awal Pandemi Covid-19, sudah melaksanakan kegiatan penyemprotan desinfektan membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid19 dengan bakti sosialnya dan juga membantu kegiatan Serbuan Vaksinasi Kodam III/Siliwangi saat ini. 

Ketika ditemui, R.Don Sakti Hamijaya selaku Pamong Saka Wira Kartika Kodam III/Siliwangi, mengatakan kegiatan yang dilakukan Saka (Satuan Kerja) Wira Kartika hari ini adalah membantu kegiatan serbuan vaksin Kodam III/Siliwangi.

Dalam proses serbuan vaksin ini ada beberapa komponen yang penting salah satunya antara lain persiapan tenaga kesehatan, dan persiapan tenaga admistrasi itu dimulai dari pendaftaran sampai dengan pelaksanaan vaksin dan pemutahiran data, 

Kata Don, pada kesempatan ini ada transfer knowledge, transfer knowledge adalah transfer pengetahuan tentang bagaimana penerimaan data, pengolahan data, dikoreksi, dikeluarkan karena salah satu yg tidak kalah penting dalam vaksinasi adalah data tersebut agar akurat.

"Selain dari akurat data tersebut harus lengkap dan harus benar tidak aspal, "Benar-Akurat dan Lengkap". Dan ini tentunya mudah mudahan sinergitas antara teman teman dari nakes/tenaga kesehatan Akper, Stikes bisa menjadi kekuatan tambahan untuk dilakukan" ucap Don.

Don juga berharap, Untuk ke depannya hal ini bisa ditindaklanjuti untuk meminimalisir resiko. Dan akan dicoba serta dikembangkan berdasarkan wilayahnya, karena Wira Kartika ada di Koramil-koramil, setiap Koramil ada Wira Kartika.

"Sebetulnya, Wira Kartika ini adalah langsung binaan dari Angkatan Darat, harapannya bisa menjadi Garda Terdepan di dalam rangka membantu kewilayahan, khususnya yang berkaitan dengan kemasyarakatan seperti kebencanaan, aksi aksi sosial dan itu diharapkan menjadi garda terdepan"  pungkas R Don Sakti Hamijaya

Ditempat yang sama, Wawan Setiawan, SH, MH selaku Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat mengungkapkan, pihaknya ikut terlibat dalam kegiatan serbuan vaksinasi Kodam III/Siliwangi, dan hal ini adalah untuk pertama kalinya.

"Biasanya kita di sekolah-sekolah, sekarang kita di wilayah Pesantren. Saya selaku muslim bersyukur bisa berbuat. Utamanya kita dapat Surat Perintah dari Pangdam III/Siliwangi dalam turut serta membantu kegiatan serbuan vaksin ini. Semoga, kegiatan vaksinasi ini berjalan dengan lebih baik"   kata Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat. 
(Purwadhi-JSI).

Posting Komentar untuk "Serbuan Vaksinasi Covid-19 Wilayah Kodam III/Slw, Bekerjasama dengan Kodim 0624/ Kabupaten Bandung "