= Pelaksanaan JUT Tahap Akhir Dari Kementan RI di Desa Kedung Jeruk, Berjalan Sesuai Harapan - Nuansa Metro

Pelaksanaan JUT Tahap Akhir Dari Kementan RI di Desa Kedung Jeruk, Berjalan Sesuai Harapan


Foto : Kades Kedung Jeruk saat monitoring pekerjaan JUT di dusun Cimahi.

www.nuansametro.co.id - Cibuaya
Pelaksanaan kegiatan JUT (jalan usaha tani) yang berlokasi di dusun Cimahi Desa Kedung Jeruk Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, yang merupakan program bantuan dari Kementan RI, ke kelompok Mekar Sari. 

Program bantuan JUT tersebut sudah berjalan pada tahap akhir pekerjaan, pelaksanaan tersebut di hadiri oleh Ketua poktan Ansori Nurdin, pihak pelaksana Epeng, Rawin Kamaludin Tokoh petani, Kepala Desa Kedung Jeruk H. Rahkman, BPD dan LPM.

Menurut Ansori Nurdin, saat dikonfirmasi oleh nuansametro.co.id, Minggu (22/08/21) menuturkan, pelaksanaan kegiatan jalan usaha tani (JUT) ini, sudah berjalan dengan baik, pekerjaan saat ini dalam tahap akhir dengan menggunakan alat berat untuk pemadatan jalan, sehingga jalan tersebut memiliki kepadatan.

Kegiatan jalan usaha tani meliputi pengerasan jalan sesuai Rencana anggaran belanja (RAB) dengan anggaran dari DAK sebesar Rp 180 juta dengan ruas jalan sepanjang 900 meter.

Kata Ansori, dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan ini, untuk dapat membantu aktivitas para petani, juga merupakan akses menghubungkan jalan dua Desa Kedung Jeruk dengan Desa Kalidung, dengan hamparan areal mencapai 500 Hektar. 

"Alhamdulilah, pada saat ini kegiatan pekerjaan sudah tahap akhir dan rampung 100%. Kami kelompok tani sangat berterima kasih kepada pemerintah dan dinas terkait" ungkapnya.

Sementara itu Epeng Ependi yang di sapa Kopral Epeng ketua Tim pelaksana JUT mengatakan, bahwa  kegiatan pekerjaan sudah tahap akhir, dan hari ini pekerjaan pemerataan pemadatan jalan dengan alat berat. 

"Dengan pekerjaan insfrastruktur jalan ini sesuai RAB dan Bistek sepanjang 900 meter dengan lebar jalan dua meter, saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Dinas pertanian yang sudah merespon keluhan petani" ucap Kopral Epeng.
 
Lain halnya Rawin Kamaludin tokoh masyarakat petani mengatakan dengan  adanya JUT para petani di wilayah ini sangat bersyukur, pasalnya keluhan petani yang selama ini akses jalan yang sulit dilalui.

"Alhamdulilah berkat usulan dari kelompok tani Mekar Sari yang diberikan bantuan oleh pemerintah , para petani dapat beraktivitas dengan baik"  Ujar Rawin.

Sementara itu H. Rahkman Kades Kedung Jeruk menambahkan dengan  bantuan dari pemerintah untuk jalan usaha tani ini kepada kelompok tani mekar sari sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena jalan ini merupakan akses pertanian di wilayah Desa Kedung Jeruk sehingga pemanfaatannya sangat di rasakan oleh para petani. Yang biasanya jalan sulit ditempuh oleh kendaran untuk mengangkut hasil panen, sekarang jalan usaha tani sudah dibangun Dan dapat dinikmati sekaligus pemanfaatannya, untuk kelangsungan pertanian.

"Kades mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan bantuan insfratruktur kepada kelompok tani Mekar Sari, dan berharap untuk selanjutnya di Desa kami masih membutuhkan sarana RJIT (rehabilitasi jaringan irigasi tersier) termasuk normalisasi saluran" harap Kades  (ito)

Posting Komentar untuk "Pelaksanaan JUT Tahap Akhir Dari Kementan RI di Desa Kedung Jeruk, Berjalan Sesuai Harapan "