= Markas Cabang LMP Karawang, Sepakat Apa Yang Akan ditempuh Oleh Mantan Direktur RSUD - Nuansa Metro

Markas Cabang LMP Karawang, Sepakat Apa Yang Akan ditempuh Oleh Mantan Direktur RSUD


Foto : Ketua Markas Cabang Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Karawang, Awandi Siroj.

www.nuansametro.co.id - Karawang
Temuan limbah medis yang lokasinya tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, sebelumnya sempat ditemukan oleh salah satu keluarga pasien dan terdengar oleh awak media sampai saat ini masih menjadi trending topik pemberitaan. Tak hanya itu, kalangan legislator dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang juga sudah turun langsung ke lokasi.

Hanya saja belum dapat disimpulkan pihak mana yang melakukan pembuangan limbah medis secara sembarangan tersebut. Pihak RSUD Karawang sebelumnya mengklaim, bahwa itu merupakan limbah medis 5 Tahun lalu yang sudah tertimbun tanah. Tetapi mantan Direktur Utama (Dirut) RSUD Karawang yang sudah pensiun membantahnya, bahkan mengancam akan menempuh upaya hukum.

Padahal menurut dr. Asep, 5 Tahun lalu pengelolaan limbah medis dikerja samakan dengan pihak swasta sebagai pengangkut, pemanfaat dan pemusnahnya.

Foto : Komisi III DPRD Karawang saat sidak menemukan limbah Medis bekas pakai di lokasi samping gedung IGD RSUD.

Tetapi disisi lain, legal RSUD Karawang mengklaim memiliki saksi, bahwa dugaan pelaku pembuang limbah medis itu bukan merupakan pegawai internal RSUD. Hal tersebut disampaikannya melalui postingan Sosial Media (Sosmed).

Menyikapi ketidak pastian dan masing - masing pihak melakukan pembelaan diruang publik, Ketua Organisasi Kemasyarakatan Laskar Merah Putih (Ormas LMP) Marcab Karawang, H. Awandi Siroj Suwandi berpendapat, bahwa sebaiknya semua pihak tempuh upaya hukum saja, jangan hanya melakukan pembelaan diruang publik, agar semuanya jadi terang benderang. Sabtu, (7/08/2021).

Foto : Sidak komisi III DPRD Karawang bersama DLHK didampingi direktur RSUD Karawang.

Menurut Awandi, Ini masih dalam situasi Pandemi COVID - 19, tak elok rasanya kalau terus - terusan berpolemik tanpa ada kepastian. Sedangkan RSUD Karawang merupakan fasilitas kesehatan plat merah, yang harus dan wajib memberikan contoh terhadap pelayanan kesehatan milik swasta.

"Ya walau pun sampai saat ini belum dapat disimpulkan serta dipastikan siapa pelaku pembuangnya. Karena masih dalam tahap investigatif semua pihak, termasuk Dinas Lingkungan Hudup dan Kebersihan (DLHK) Karawang. Tapi saya tekankan kepada semua pihak yang berkompeten, agar dapat segera menuntaskan investigasinya, sampai ditemukan pelakunya," Tegasnya.

Dirinya sepakat dengan sikap dr Asep Hidayat Lukman sebagai mantan Dirut RSUD Karawang yang melalui pernyataannya dimedia, akan menempuh jalur hukum, karena merasa terfitnah akibat pernyataan pihak RSUD.

"Kami LMP Marcab Karawang support penuh langkah dr Asep, kalau yakin dijaman kepimpinannya sudah benar dalam mengelola sampah medis, segera lakukan upaya hukum. Begitu juga dengan pihak RSUD Karawang yang memiliki keyakinan, bahkan mengklaim memiliki salah seorang saksi, segera untuk melakukan upaya hukum. Agar semuanya jelas," Pungkasnya. (Red)