= Humas Akui Keteledoran Pihak RSUD Karawang, Telah Membuang Limbah Medis Bekas Pakai, di Lahan Kosong Dekat Gedung IGD - Nuansa Metro

Humas Akui Keteledoran Pihak RSUD Karawang, Telah Membuang Limbah Medis Bekas Pakai, di Lahan Kosong Dekat Gedung IGD



Foto : Berbagai Limbah medis bekas pakai ditemukan di lahan kosong yang berada didekat IGD RSUD Kabupaten Karawang.

www.nuansametro.ci.id - Karawang
Dugaan pembuangan sampah limbah medis bekas pakai ditempat yang tidak semestinya, diduga dilakukan oleh pihak RSUD Karawang, akhirnya diakui oleh bagian Humas RSUD Kabupaten Karawang, Rohimin, dengan gamblang dirinya mengakui kesalahan atas keteledoran pihaknya telah membuang sampah limbah medis bekas pakai di lokasi lahan kosong, persis tidak jauh dari gedung instalasi gawat darurat (IGD).

Hal itu terungkap ketika nuansametro.co.id mewawancarai secara langsung dengan humas RSUD Karawang, Rohimin di RM. Cibiuk Telukjambe Timur, Senin (2/8/2021) siang.

Rohimin mengakui atas adanya kesalahan dan keteledoran petugas kebersihan (cleaning servis) pengumpul sampah limbah medis bekas pakai, yang diduga telah membuangnya ke lokasi lahan kosong yang berada di dekat gedung IGD RSUD itu.

"Sebagai bahan masukan, kami sangat berterima kasih sekali, karena kalau tidak ada masukan atau kritikan, berarti kita dianggapnya sudah lurus-lurus saja. Pada prinsipnya tidak menutup kemungkinan ada hal- hal seperti itu. Kita terima, mungkin disini ada kesalahan dan keteledoran. Memang, pembuangan limbah medis bekas pakai di lokasi itu terjadi. Masalah betul dan nggaknya, yaa mau gimana lagi, itu sudah ada buktinya"  ucap Rohimin.

Foto : RSUD Karawang

Menurut Rohimin, memang bila melihat bukti limbah medis bekas pakai yang ditemukan wartawan nuansametro.co.id, diperkirakan limbah medis yang sudah lama dibuang diTempat lahan kosong itu.

"Kami sudah melihat bukti limbah medis bekas pakai itu, yang wartawan akang tunjukkan kepada saya. Memang sepertinya itu barang limbah medis sudah lama dibuang nya ditempat tersebut. Yaa, mau mengelak gimana lagi, sudah jelas ada buktinya" jelasnya. 

Menurut Rohimin, atas temuan ini, akan menyampaikan langsung ke pimpinan, kalaupun tindakan apa yang akan diambil pimpinan, mau merah mau hitam itu tergantung pimpinan diatas. 

"Kami akui ini sebuah keteledoran, kami juga mengucapkan terimakasih atas kritikan dan teguran dari temen-temen pers. Kalau tidak seperti ini, kami juga tidak akan tahu atas keteledoran dan kesalahan yang telah dilakukan selama ini. Kalau tidak ditegor dengan seperti ini, mungkin kami juga tidak tahu. Tentunya saya akan sampaikan hal ini ke pimpinan. Tujuannya untuk perbaikan RSUD Karawang kedepannya" imbuhnya. 

Foto : Di lokasi lahan kosong inilah, ditemukan banyaknya limbah medis bekas pakai diduga dari RSUD Karawang.

Lebih lanjut Rohimin menjelaskan, memang RSUD telah bekerjasama dengan pihak ke tiga perihal pengangkutan limbah medis bekas pakai, namun itu hanya sekedar kerjasama dibidang pengangkutannya saja.

"RSUD itu sudah kerjasama dengan pihak ke tiga perihal pengangkutan barang limbah medis bekas pakai. Namun itu kan sekedar untuk pengangkutan saja. Tapi yang didalamnya yang mengumpulkan ditempat medis itu, ada sampah medis dan non medis, walaupun sudah disiapkan tempatnya, cuma yang ngambil kan cleaning servis- cleaning servis itu. Nahh, ini yang harus di evaluasi dan dikasih arahan" tegasnya. 

Rohimin menambahkan, bahwa perbaikan terkait pengelolaan limbah medis bekas pakai itu harus dari keseluruhan, apalagi ini kan rumah sakit milik pemerintah daerah Karawang, milik masyarakat Karawang, jelek baiknya harus kita yang menjaga. 

"Memang harusnya yang menjelaskan tentang hal ini ada bagiannya, bagian instalasi limbah medis adalah pak Supangkat. Tapi ya gak apa-apa lewat Humas juga. Pak direktur juga sudah menghubungi saya, agar saya menjelaskan perihal ini" pungkasnya. (Red)

Posting Komentar untuk "Humas Akui Keteledoran Pihak RSUD Karawang, Telah Membuang Limbah Medis Bekas Pakai, di Lahan Kosong Dekat Gedung IGD"