= Warga Sambut Baik, Program Pekarangan Pangan Lestari Kelompok Wanita Tani Matahari - Nuansa Metro

Warga Sambut Baik, Program Pekarangan Pangan Lestari Kelompok Wanita Tani Matahari


Foto : Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesbilitas dan pangan rumahtangga.

www.nuansametro.co.id - Karawang 
Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesbilitas dan pangan rumahtangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Kelompok Wanita Tani Matahari Desa Rengasdengklok Utara kecamatan Rengasdengklok kabupaten Karawang sedang bergotong royong menanam bibit, pada Rumah Bibit bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Panganan, Selasa (13/7/21).

"Dengan membagi diri menjadi beberapa kelompok dengan tugasnya masing-masing yang kemudian setiap hari merawat tanaman secara bergantian. Program ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga masyarakat di Desa Rengasdengklok Utara terkhusus pada masa pandemi covid-19 saat ini”Tuturnya.

Hj. Meri Ketua kelompok Wanita Tani Rengasdengklok Utara Mengatakan, di Dusun Balong Jambe RT 01 RW 11 Desa Rengas Dengklok Utara kita mendirikan Rumah bibit, ada sekitar 1000 bibit dari berbagai jenis tananam yang nanti akan ditanam untuk kemudian dirawat oleh kelompok masing-masing pekarangan rumah di masing-masing jenis bibit yang ada seperti, tomat, cabe, ketimun, dan banyak jenis lainnya.

Masih kata Ketua Wanita Tani Desa Rengasdengklok Utara, optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat disaat pandemi covid-19. 

"Melalui Pemanfaatan Pekarangan, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dapur tanpa harus keluar rumah dan dapat menekan pengeluaran rumah tangga akan pangan”pungkasnya.  (Abdul. R)