= TNI AU Berikan 4000 Paket Sembako dan Vaksinasi Gratis Untuk Warga Bandung - Nuansa Metro

TNI AU Berikan 4000 Paket Sembako dan Vaksinasi Gratis Untuk Warga Bandung


Foto : Kunjungan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, MPP, saat melihat pelaksanaan Distribusi Oksigen, yang diproduksi oleh Pazam 731 Bandung dan Pazam 742 Madiun, Depohar 70 Koharmatau.

www.nuansametro.co.id - Bandung
Menjelang peringatan HUT Bakti TNI AU ke 74, tepatnya tanggal 29 Juli 2021, TNI AU Badan Koordinasi Daerah (Bakorda) Bandung menggelar Serbuan Vaksinasi dan Pembagian Sembako Gratis untuk warga masyarakat di sekitar Bandung yang terdampak pandemi Covid-19, Senin (26/07/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan TNI AU Bakorda Bandung akan dilaksanakan selama dua hari hari Senin dan Selasa, tanggal 26-27 Juli 2021, bertempat di Hanggar Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini  adalah untuk membantu program pemerintah dalam mempercepat program Vaksinasi 1 juta orang tervaksin per hari untuk menciptakan kekebalan komunal atau Herd Immunity.

TNI AU akan memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa Sembako sebanyak 4000 paket, dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Pada serbuan vaksin kali ini TNI AU Bakorda Bandung menerjunkan 10 tim vaksinator, setiap tim terdiri dari 8 Nakes. Dalam kegiatan vaksinasi ini, panitia akan memfasilitasi  vaksinasi untuk dosis 1 dan dosis 2 untuk masyarakat umum.

Dalam kegiatan Bansos, Vaksinasi Gratis serta pemberian bantuan pengisian tabung oksigen gratis ke masyarakat dihadiri Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, MPP, yang langsung secara simbolis membagikan 400 paket sembako ke warga yang berada di Desa Citepus, Bojong Komeng, Maleber, Gunung Batu, Cimahi, Padalarang dan sekitarnya.

Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel.Pnb.Ali Gusman, ST, MM yang juga sebagai Ketua Panitia HUT Hari Bakti TNI AU ke 74 Bakorda Bandung mengatakan, pemberian bantuan sosial ini selain untuk membantu warga yang terdampak langsung oleh penerapan PPKM Darurat, juga mengajak masyarakat bersama sama  melakukan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi  Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas), kata Danlanud Husein Sastranegara.

Kemudian tak lupa, Danlanud Husein Sastranegara, Kolonel.Pnb.Ali Gusman , ST, MM, mengucapkan rasa terima kasih kepada para Nakes dan pihak pihak yang berpartisipasi penuh, diantaranya PT.DI, ACT Jabar, PT.Angkasa Pura II, Yayasan Budha Tzu-Chi, PT.Telkom Indonesia, PT.PINDAD , PT.Saka Farma, dan PT.Palmaco, sehingga terlaksananya kegiatan ini.

Selain melaksanakan kegiatan Bantuan Sosial Pembagian Sembako, Vaksin Gratis dan Pemberian Pengisian Tabung Oksigen gratis ke masyarakat, untuk memperingati HUT Bakti TNI AU ke 75 tahun 202 ini, TNI AU Bakorda juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, meliputi Donor Darah, dan Ziarah, pungkas Kolonel.Pnb.Ali Gusman, ST,MM.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE,MPP, dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Penerangan AU Marsma TNI. Indra Gilang Buldansyah, mengatakan pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19  dan penyaluran 4000 paket sembako gratis dan peninjauan Pazam 732 Bandung untuk hari ini, Vaksinasi Massal yang diselenggarakan oleh satuan jajaran TNI AU ini merupakan instruksi Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahyanto,SIP dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan pelaksanaan Vaksinasi bagi masyarakat, guna menciptakan kekebalan komunal atau Herd Immunity.

Serbuan vaksinasi di Lanud Husein Sastranegara saat ini menargetkan sebanyak 4000 dosis vaksin dalam 2 hari (2000/hari). Vaksinasi melibatkan 10 tim tenaga kesehatan dengan total Nakes 80 personel dari RS.TNI AU Dr.M.Salamun, Klinik Husein Sastranegara, Klinik Dadali, RS.TNI AU Sulaiman, Satkes Koharmatau, dan Makorpaskhas.

Selain itu penyaluran paket sembako bertujuan untuk membantu warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam serbuan vaksinasi dan penyaluran 4000 paket sembako gratis di Lanud Husein Sastranegara saat ini merupakan rangkaian dari Peringatan ke 74 HUT Bakti TNI AU yang diperingati pada tanggal 29 Juli 2021 nanti.

Kegiatan yang sama juga diselenggarakan oleh seluruh Kotama TNI AU dan satuan jajaran TNI AU di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tanggal 24 Juli 2021, seluruh satuan jajaran TNI AU telah memvaksin  sebanyak 220.872 warga untuk dosis pertama, dan 62.410 warga untuk dosis kedua. Tercatat 1.228 tenaga kesehatan TNI AU dilibatkan dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi ini.

TNI AU melaksanakan Distribusi Oksigen, yang diproduksi oleh Pazam 731 Bandung dan Pazam 742 Madiun, Depohar 70 Koharmatau. Hingga tanggal 23 Juli 2021, TNI AU telah mendistribusikan sebanyak 2.350 tabung oksigen, guna mencukupi ketersediaan oksigen di sejumlah rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19.

Pazam 731 di Bandung telah mendistribusikan sebanyak 954 tabung oksigen  untuk sejumlah  rumah sakit yang ada di provinsi Jawa Barat. Sementara Pazam 732  Madiun telah mendistribusikan  1.396 tabung oksigen ke sejumlah rumah sakit yang ada di provinsi Jawa Timur. Oksigen ini telah didistribusikan sejak tanggal 30 Juni 2021 lalu, guna membantu sejumlah rumah sakit yang mengalami kekurangan oksigen untuk perawatan pasien Covid19 .

Selain vaksinasi dan penyaluran sembako gratis bagi masyarakat, pada peringatan HUT Bakti TNI AU ke 74 tahun 2021 ini, juga dilaksanakan sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya seperti pembangunan fasilitas publik, pembangunan sarana pendidikan, renovasi rumah tidak layak huni, pembagian sembako, penyerahan kursi roda, alat bantu dengar, kaki palsu, dan kaca mata baca kepada warga masyarakat, yang puncaknya akan dilaksanakan di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, pada tanggal 29 Juli 2021 mendatang.  (Rls/Purwadhi)

Posting Komentar untuk "TNI AU Berikan 4000 Paket Sembako dan Vaksinasi Gratis Untuk Warga Bandung"