= Tepat di Hari Bhayangkara, Polres Karawang Luncurkan Aplikasi Pelayanan Publik Karawang Tangguh - Nuansa Metro

Tepat di Hari Bhayangkara, Polres Karawang Luncurkan Aplikasi Pelayanan Publik Karawang Tangguh


Foto : Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra saat meresmikan pelayanan publik Karawang Tangguh dan Command Center di Mapolres Karawang, Kamis (1/7/2021).

www.nuansametro.co.id-Karawang
Bertepatan dengan memperingati HUT Ke-75 Bhayangkara, Polres Karawang secara resmi meluncurkan Aplikasi Pelayanan Publik Karawang Tangguh sekaligus meresmikan ruang Command Center, di Aula Polres Karawang, Kamis (1/07/2021).

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra, SIK.MH.MSi mengungkapkan, Aplikasi Pelayanan Publik Karawang Tangguh dan penyediaan ruang Command Center merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kapolri untuk mewujudkan atau mentransformasikan Presisi diwilayah hukum Polres Karawang. Presisi tersebut Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan.  

Menurut Kapolres, didalam kebijakan Presisi, salah satunya ada 16 program dan 4 bidang, khususnya  bidang transformasi pelayanan publik . pihaknya memanfaatkan piranti digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi dalam rangka menunjang pelayanan publik.

"Hari ini kita melaunching aplikasi dan masyarakat bisa mendownloadnya aplikasi Karawang Tangguh di Play Store. Itu adalah aplikasi pelayanan kepolisian dalam satu genggaman untuk semua layanan,"  Terang Kapolres.

Dijelaskanya, seluruh pelayanan kepolisian yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa diakses diaplikasi tersebut, termasuk pada aplikasi itu mengintegrasikan beberapa layanan  , bahkan hampir semua pelayanan  aplikasi terpusat seperti presisi, dumas presisi dan layanan lainya. 

Sedangkan untuk ruang Command Center, lanjut Kapolres merupakan pusat analisa dan pusat monitoring  secara visual terhadap situasi dan kondisi yang ada diwilayah Kabupaten Karawang, Seperti halnya aktivitas masyarakat dilokasi perumahan atau diwilayah kawasan industri.Semua sudah diintegrasikan dan sudah disiapkan personel personel yang ditunjuk untuk menjamin kamtibmas. Seperti layanan 110, itu juga dioperasikan dalam command center. 

Kapolres berharap, dengan adanya aplikasi ini dapat memberi nilai manfaat buat masyarakat.

 "Silakan masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ini, ayo masyarakat Karawang segera download Karawang di Playstore,"  ujarnya.

Sementara command center dilengkapi sebanyak 105 CCTV secara External dan Intetnal untuk memantau wilayah perkotaan dan kawasan induastri.

Pada kesempatan yang sama Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana mengapresiasi terhadap gagasan Kapolres Karawang yang sangat kreatif dan inovatif dalam meluncurkan aplikasi yanlik Polres Karawang Tangguh dan penyediaan  ruang Command Center. Terlebih ditengah tengah situasi pandemi covid 19, aplikasi ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. 

Peluncuran aplikasi tersebut dihadiri Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, Ketua DPRD Karawang Pendi Anwar, SH, Kepala Kejaksaan Karawang Rohayati, SH, dan para petinggi kepolisian Polres Karawang. (Irfan)