= Sampah Berserakan Menimbulkan Bau Tak Sedap, di Jalur Menuju Tempat Wisata Jangari - Nuansa Metro

Sampah Berserakan Menimbulkan Bau Tak Sedap, di Jalur Menuju Tempat Wisata Jangari


Foto : Sampah berserakan tak terurus dan bau menyengat di sepanjang jalur tempat wisata Jangari, Cianjur.

www.nuansametro.co.id - Cianjur
Bila kita berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor dari arah Jangari maupun Tungturunan, pastinya melewati Area Kp. Gandasoli Desa Cikidangbayabang Kec.Mande Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ditepi ruas jalan tersebut, kita akan disuguhi sebuah pemandangan yang kurang sedap dipandang mata, terdapat tumpukan sampah begitu berserakan di tepi jalan dan kurang terurus.

Sampah dari berbagai jenis bahan plastik seperti popok bayi, pembalut wanita maupun limbah rumah tangga lainnya ada ditempat tersebut, karena dibuang secara sembarangan di sebagian tepi jalan umum tersebut.

Warga setempat pun mengutuk perbuatan mereka yang dengan sengaja membuang sampah sembarang di tempat itu, pasalnya warga setempat tidak merasa membuang sampah ketempat tersebut.

"Ini biasanya warga lain yang melewati jalur ini, mereka dengan seenaknya buang sampah kesini sambil lewat. Memang dulu disini ada bak sampah karena tidak adanya kordinasi dari pihak desa maka bak sampah disini di bongkar, sehingga kebiasaan warga buang sampahnya ditempat ini tiap hari" ungkap warga, Kamis (23/07/2021).

Menurut salah satu warga Gandasoli, Umar, kebiasaan mereka memanfaatkan waktu tengah malam maupun subuh, sehingga mereka bisa dengan leluasa membuang sampah se-enaknya ke tempat ini.

Sementara warga lingkungan Kp. Gandasoli lainnya pun ikut memberikan komentar karena limbah sampah begitu mengeluarkan aroma bau dan sangat mengganggu saat melalui ruas jalan tersebut.

"Sampahnya banyak sekali, aduh baunya tidak nyaman, karena kalau saya lewat jalan ini baunya bukan menyengat hidung. Apalagi ini musim penghujan banyak sampah yang membusuk" ucap warga bernama Rudi yang biasa melewati jalan tersebut.

"Saya lihat tidak adanya papan pemberitahuan, agar jangan buang sampah, mengakibatkan banyak warga yang buang sampah kesini," Katanya.

Begitupun warga tetangga sebelah Kp. Cikidangbayabang, cukup menyayangkan sikap mereka yang masih kurangnya kesadaran bagaimana pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. (Didin)

Posting Komentar untuk "Sampah Berserakan Menimbulkan Bau Tak Sedap, di Jalur Menuju Tempat Wisata Jangari"